Home / Politik / DPC Hanura Sumbawa Mulai Susun Strategi dan Bakal Caleg
Ketua Hanura, Drs. H. Jamaluddin Malik didampingi Sekretaris M. Yamin SE M.Si dan Ketua Dewan Penasehat H. Sadaruddin S.Sos

DPC Hanura Sumbawa Mulai Susun Strategi dan Bakal Caleg

SUMBAWA BESAR, SR (05/12/2017)

Meski tahapan Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 masih lama, namun Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Hati Nurani (Hanura) Kabupaten Sumbawa sudah mulai ancang-ancang untuk menyusun bakal calon anggota legislative di semua daerah pemilihan (Dapil). Hal ini terungkap pada Rapat Koordinasi (Rakor) di Sekretariat DPC Partai Hanura Sumbawa, Selasa (5/12). Rapat yang dipimpin Ketua DPC, Drs. H. Jamaluddin Malik ini dihadiri Sekretaris DPC, Muhammad Yamin SE M.Si, Ketua Dewan Penasehat H Sadaruddin S.Sos, para pengurus DPC, PAC dan organisasi sayap. “Kita sudah mulai menyusun bakal calon di setiap Dapil agar kita tidak terburu-buru dan bisa mendapatkan gambaran caleg-caleg potensial,” kata JM—akrab ketua Hanura yang juga mantan Bupati Sumbawa dua periode ini.

Dikatakan JM, semua bakal calon yang mendaftar maupun yang diusulkan masyarakat akan diakomodir. Nantinya akan diverifikasi oleh tim baik secara administrative, maupun terjun langsung ke lapangan untuk menjaring informasi. Selain itu adanya kesiapan bakal calon bersangkutan serta sehat secara jasmani dan rohani. “Ini harus kita lakukan dari sekarang agar calon-calon yang terjaring dan dijadikan calon tetap nantinya adalah orang-orang yang tepat dan berpeluang besar terpilih,” ungkap JM.

Hal tersebut cukup beralasan karena Hanura Sumbawa menargetkan menjadi pemenang Pileg dengan raihan 8 kursi di DPRD. Sebenarnya diakui JM, target ini bisa diraih pada Pileg sebelumnya. Karena terbentur aturan, membuat Hanura hanya mengantongi 5 kursi atau satu kursi di setiap Dapil. “Suara kita terbanyak, unggul dari PDIP yang justru bisa meraih 6 kursi,” ujar JM.

Karenanya harapan yang tertunda ini diharapkan dapat terealisasi pada Pileg 2019. Tentunya dibutuhkan kerja keras dari para kader dan mulai turun ke masyarakat guna terjalinnya hubungan emosional yang kuat, sehingga pada Pileg mendatang sulit tergoyah bujuk rayu pihak lain. Yang paling penting loyal terhadap partai dan berbuat untuk rakyat. “Jangan seperti burung pipit yang baru muncul saat padi menguning. Ingin panen padahal tidak menanam,” tukas JM.

Hal senada dikatakan Sekretaris DPC, M Yamin SE M.Si mengatakan penyusunan Caleg ini harus melalui perhitungan yang cermat dan pertimbangan yang matang. Sebab jika penyusunan Caleg yang tidak tepat, bisa menjadi penyebab Hanura tidak mendapatkan apa-apa. “Kuncinya tepat menempatkan Caleg, maka apa yang kita inginkan optimis bisa tercapai,” imbuhnya.

Di bagian lain, Yamin Abe—biasa dia disapa, mengingatkan para kader untuk bijak menyikapi segala isu yang berpotensi memecah belah. Jika tidak mengetahuinya secara pasti lebih baik diam dan berkomunikasi dengan pimpinan partai. “Kita ada ruang klarifikasi dan komunikasi untuk menyikapi segala isu agar kita tidak terjebak dengan upaya memecah belah yang menggerus suara partai ke depan,” tandasnya.

“Ini harus menjadi perhatian, dan selalu menjaga kesolidan serta komunikasi sehingga persoalan yang ada dapat terpecahkan, di samping bertukar informasi terkait strategi dalam meraih kemenangan pada Pileg mendatang,” timpal H. Sadaruddin S.Sos selaku Ketua Dewan Penasehat. (JEN/SR)

Lihat Juga

Tablik Akbar di Tangerang, TGB Ajak Masyarakat Bersikap Optimistik

TANGERANG, SR (14/01/2018) Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi yang juga Ketua Organisasi Internasional ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *