Home / Pemerintahan / Bupati Sumbawa Ajak Masyarakat Teladani Kehidupan Rasulullah

Bupati Sumbawa Ajak Masyarakat Teladani Kehidupan Rasulullah

SUMBAWA BESAR, SR (07/12/2017)

Ribuan warga memadati Masjid Agung Nurul Huda Sumbawa, Rabu (6/12) pagi. Kehadiran mereka yang sangat antusias ini untuk merayakan peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1439 H/2017 M.  Hadir saat itu Bupati Sumbawa, Anggota Forkopimda, Ketua TP PKK, Ketua GOW, toga toma dan aparatur Pemerintah Kabupaten Sumbawa.

Dalam sambutannya Bupati Sumbawa HM Husni Djibril B.Sc berharap Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dapat menjadi wahana bagi peningkatan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT yang dapat memberi kekuatan untuk bermuhasabah melakukan perenungan diri. Melalui Maulid Nabi ini juga dapat meneladani pola dan perilaku kehidupan Rasulullah, baik dalam kapasitasnya sebagai hamba yang sangat taat dan patuh kepada Allah SWT, pemimpin rumah tangga, pemimpin masyarakat dan pemimpin agama, sesuai tema peringatan maulid yakni  “Dengan Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1439 H/2017 M, Kita Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah Menuju Sumbawa Hebat dan Bermartabat”.

Bupati juga menyampaikan beberapa hal penting yang perlu disikapi. Antara lain, memasuki puncak musim penghujan agar semua warga masyarakat menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, dan melakukan gotong royong rutin guna mengantisipasi banjir dan tidak terjangkit penyakit menular, seperti demam berdarah, diare, penyakit kulit, ISPA, dan leptospirosis yang biasa ditularkan hewan tikus.

Bupati juga menghimbau kepada semua aparatur pemerintah di kecamatan hingga di tingkat paling bawah agar tanggap terhadap laporan dan keluhan masyarakat terkait bencana maupun wabah penyakit, dan segera melakukan koordinasi dan bersinergi dengan institusi terkait serta selalu menjaga kondusifitas wilayah. Selain itu meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai tindak kejahatan, termasuk hal-hal yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan di Kabupaten Sumbawa, sehingga terwujud visi pembangunan Kabupaten Sumbawa yakni  “Terwujudnya Masyarakat Sumbawa yang Berdaya Saing, Mandiri, dan Berkepribadian Berlandaskan Semangat Gotong Royong”. “Semoga dengan Peringatan Maulid Nabi tahun ini lebih memberikan suntikan semangat ibadah individual maupun ibadah sosial, dengan demikian bukan saja kita shaleh di hadapan Allah SWT semata, namun juga shalih secara sosial, bermanfaat bagi masyarakat di sekitar kita. Akhlak mulia itulah yang perlu kita warisi secara bersama-sama, sehingga kita mampu berkiprah dengan baik untuk mewujudkan masyarakat madani, Sumbawa yang hebat dan bermartabat,” pungkas Bupati.

Sebelumnya, Dea Guru Syamsul Ramadan M.Ab dalam hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW meminta para jamaah untuk selalu bersyukur, melakukan evaluasi, dan meneladani sifat baik yang melekat pada diri Rasulullah SAW, sehingga bisa menjadi umat terbaik yaitu umat yang melaksanakan amar ma’ruf nahi mungkar. “Jadilah umat yang selalu mengajak kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran, dan beriman kepada Allah SWT, baik dalam aspek ibadah ritual maupun ibadah social,” imbuhnya. (JEN/SR)

Lihat Juga

Bedait Malik..! SMPN 1 Mataram Angkatan 97 Gelar Reuni Akbar

MATARAM, SR (11/12/2017) Alumni SMP Negeri 1 Kota Mataram Angkatan 1997 mengadakan Reuni Akbar setelah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *