Home / Ekonomi / Biar Terampil Kelola Keuangan, Bendahara Ikut Bimtek Keuangan

Biar Terampil Kelola Keuangan, Bendahara Ikut Bimtek Keuangan

SUMBAWA BESAR, SR (07/12/2017)

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Sumbawa bekerjasama dengan Ditjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Republik Indonesia mengadakan Bimbingan Teknis Keuangan Daerah Kamis (7/12).

Bupati Sumbawa H.M. Husni Djibril, B.Sc saat membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa pengelolaan keuangan tidak stagnan, tetapi memiliki variabel yang sangat banyak dan sering mengalami perubahan. Kabupaten Sumbawa, kata Bupati ingin menjaga pengelolaan pendapatan daerah agar kedepannya dapat tercipta pemerintahan yang hebat dan bermartabat. Dengan adanya Bimtek Keuangan Daerah tersebut Bupati berharap kepada semua peserta agar dapat mengikuti dengan sungguh-sungguh agar dapat memperoleh ilmu sehingga dapat lebih terampil dalam pengelolaan keuangan.

Sementara itu, Direktur Pendapatan dan Kapasitas Keuangan Daerah RI Desky Wijaya mengatakan kegiatan Bimtek tersebut merupakan program dari Menteri Keuangan RI Sri Mulyani yang memang concern dengan masalah bimbingan program peningkatan kapasitas keuangan, khususnya dalam hal peningkatan kualitas aparat keuangan di daerah. Dari Bimtek ini diharapkan ketika pemerintah pusat membuat suatu kebijakan, secara otomatis dapat segera diikuti pemerintah daerah. Pemerintah Kabupaten Sumbawa kata Desky, mendapat tawaran langsung dari pemerintah pusat untuk melaksanakan Bimtek ini dabn biayanya sepenuhnya dari APBN. Bimtek serupa akan tetap digelar tahun depan dengan jumlah hari yang lebih banyak agar penyerapan ilmu para peserta lebih maksimal. “Kami harap Bimtek ini membawa manfaat bagi aparat pengelola keuangan di Kabupaten Sumbawa,” ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pengendalian, Pengembangan dan Pelaporan Pendapatan Daerah Bapenda Kabupaten Sumbawa, Usman SE ME melaporkan Bimtek berlangsung selama sehari dengan mengambil 2 tema pokok yaitu perpajakan daerah dan penatausahaan dan akuntansi keuangan daerah. Peserta terdiri dari Bendahara Penerimaan, Bendahara Pengeluaran, Pejabat atau staf yang kompeten terkait pengelolaan keuangan. Bimtek tersebut diharapkan dapat memberi informasi kepada semua peserta tentang isu-isu terkini dalam dua tema yang diangkat. (JEN/SR)

Lihat Juga

Proses Penyelidikan Alot, Pengusaha Kayu Rugi Ratusan Juta

SUMBAWA BESAR, SR (11/12/2017) Berakhir sudah penantian panjang Muhammad Rosihan untuk mendapatkan kembali 12 kubik ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *