Home / Ekonomi / Anggaran Maen Jaran Dihapus, Upaya Amputasi Budaya Samawa
Maen Jaran

Anggaran Maen Jaran Dihapus, Upaya Amputasi Budaya Samawa

SUMBAWA BESAR, SR (05/12/2017)

Pacuan kuda tradisional atau Maen Jaran yang rutin digelar setiap tahun, terancam gagal terlaksana pada tahun 2018 mendatang. Pasalnya usulan anggaran untuk event budaya yang sudah mendunia ini dicoret Bagian Penganggaran Pemda Sumbawa. Tindakan ini membuat komunitas Maen Jaran Tradisional Samawa dan pengurus PORDASI kecewa berat. Sebab pencoretan anggaran Maen Jaran oleh Pemda Sumbawa sama dengan memberangus atau mengamputasi salah satu budaya Sumbawa.

Ketua Pordasi Sumbawa, AM Imran SH yang dicegat di Kantor Bupati Sumbawa belum lama ini mengakui pencoretan anggaran pelaksanaan event Maen Jaran pada APBD 2018. Bagian anggaran Bappeda dan DPPK beralasan bahwa penghapusan anggaran Maen Jaran tersebut karena keterbatasan keuangan daerah. Ini yang sangat disesalkan para komunitas dan masyarakat penggemar Maen Jaran. Sebab budaya tradisional itu rutin dilaksanakan setiap tahun, karena sudah menjadi ikon budaya Samawa yang harus tetap dilestarikan. Kegiatan Maen Jaran ini ungkap Imran, sudah menjadi budaya turun temurun masyarakat Sumbawa, bahkan sudah dikenal dunia. “Kabupaten-kabupaten lain sedang gencarnya melaksanakan pacuan kuda ini, justru Sumbawa yang menjadi pusat dan inisiatornya, justru tidak melaksanakannya. Inikah aneh,” tukasnya.

Untuk itu Ia berharap pemerintah daerah dapat memberikan dukungan terhadap usulan anggaran penyelenggaraan event Maen Jaran sebesar Rp 250 juta. Pihaknya mengaku sudah menemui Bupati. Oleh Bupati meminta mereka mengkomunikasikannya dengan DPRD Sumbawa. Selanjutnya DPRD telah menghubungi DPPK Sumbawa dan belum diketahui hasilnya. “Semoga ada khabar yang menggembirakan,” pinta Imran. (JEN/SR)

Lihat Juga

Proses Penyelidikan Alot, Pengusaha Kayu Rugi Ratusan Juta

SUMBAWA BESAR, SR (11/12/2017) Berakhir sudah penantian panjang Muhammad Rosihan untuk mendapatkan kembali 12 kubik ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *