Home / Kesehatan / RSUD Asy-Syifa Kembali Diverifikasi Tim KARS

RSUD Asy-Syifa Kembali Diverifikasi Tim KARS

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN RSUD ASY-SYIFA SUMBAWA BARAT

SUMBAWA BARAT, SR (21/11/21017)

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Asy-Syifa Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) akan kembali diverifikasi Tim Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Verifikasi ini dilakukan untuk memastikan apakah program akreditasi telah berjalan dengan baik atau justru pelayanannya semakin menurun.

Direktur RSUD Asy-Syifa KSB, dr. Carlof Sitompul yang ditemui SAMAWAREA kemarin, mengatakan pada Tahun 2016 lalu rumah sakit yang dipimpinnya resmi menyandang status Akreditasi C oleh Tim KARS. Dengan status tersebut berbagai program akreditasi untuk peningkatan pelayanan telah diterapkannya. “Jadi tim KARS datang ke sini untuk memverifikasi kembali apakah program itu dilaksanakan secara konsisten  atau tidak. Ini verifikasi factual yang dilaksanakan TIM KARS setiap tahunnya,” jelas Dokter Carlof.

Terkait hal itu, dr. Carlof menyatakan pihaknya sangat siap. Sejak awal 2017 lalu, pihaknya terus meningkatkan program akreditasi demi kepuasan pasien dalam pelayanan. “Apa yang menjadi amanah dalam akreditasi sudah kita laksanakan, dan kami sangat siap untuk diverifikasi kembali,” tegasnya.

Hal yang akan disurvei dan diverifikasi oleh Tim KARS ungkap dr. Carlof lebih kepada teknis pelayanan baik kecepatan dan ketepatan, mulai dari pasien masuk sampai keluar harus terlayani dengan baik. Demikian dengan perawatan, dokter, perawat, petugas farmasi, dan petugas gizi dipastikan telah melaksanakan prosedur yang ditetapkan. Bagaimana alur komunikasi antar petugas, dan pasien dengan petugas. Kemudian persoalan keselamatan pasien dalam mengambil tindakan. “Kami sadari dalam proses peningkatan pelayanan untuk kepuasan pasien guna penguatan mutu dan keselamatan, semakin kita dalami semakin kita ketahui sehingga kita tidak berhenti untuk belajar dan terus melengkapi setiap kekurangan. Masukan dari pasien dan masyarakat menjadi motivasi bagi kami untuk terus bekerja lebih baik karena pelayanan kepada masyarakat tidak ada batasannya,” tandasnya. (HEN/SR)

Lihat Juga

Rakerda UKS Upaya Ciptakan Lingkungan Sehat di Sekolah

SUMBAWA BESAR, SR (27/11/2017) Pembangunan kesehatan merupakan bagian integral dan terpenting dari pembangunan daerah yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *