Home / Kesehatan / Rakerda UKS Upaya Ciptakan Lingkungan Sehat di Sekolah
Drs. H. Muhammading M.Si

Rakerda UKS Upaya Ciptakan Lingkungan Sehat di Sekolah

SUMBAWA BESAR, SR (27/11/2017)

Pembangunan kesehatan merupakan bagian integral dan terpenting dari pembangunan daerah yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Demikian disampaikan Plh Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. H. Muhammading, M.Si mewakili Bupati Sumbawa saat membuka acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Aula H. Madilaoe ADT lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa, Senin (27/11).

Disampaikan pula bahwa capaian pembangunan kesehatan di Kabupaten Sumbawa sudah cukup membanggakan, dan derajat kesehatan masyarakat mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Terkait dengan pembinaan dan pengembangan UKS, adalah melalui upaya pendidikan dan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu, sadar, berencana, terarah dan bertanggungjawab dalam menanamkan, menumbuhkan, mengembangkan dan membimbing anak-anak (para pelajar) untuk menghayati, menyenangi dan melaksanakan prinsip hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Ia berharap melalui Rakerda UKS tingkat Kabupaten Sumbawa tersebut dapat menjadi media bagi pihak sekolah untuk dikut terlibat langsung dalam pembangunan kesehatan, khususnya di lingkungan sekolah masing-masing. Ini juga akan menjadi forum bersama dalam mensinergikan peran dan fungsi UKS untuk meningkatkan kualitas pembangunan kesehatan di sekolah, serta dapat mendorong kemajuan UKS sehingga kegiatan yang mendukung pembangunan kesehatan menjadi lebih banyak.

Sebelumnya Kepala Subbag Sosial Kemasyarakatan, Anggraini, S.AP melaporkan, tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat peserta didik dalam menciptakan lingkungan sehat sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan anak yang harmonis dan optimal. Ini dimaksudkan agar peserta didik memiliki daya tangkal yang kuat terhadap pengaruh buruk, penggunaan obat-obatan terlarang, rokok dan sebagainya, serta memperkuat komitmen seluruh stakeholder untuk terus mendukung program UKS. Dalam Rakerda, Tim Pembina UKS Kabupaten dan Kecamatan menghadirkan 3 orang narasumber dari Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumbawa dengan jumlah peserta 100 orang. (JEN/SR)

 

Lihat Juga

KSB Kekurangan Khotib, IKADI Gelar Pelatihan Khotib

SUMBAWA BARAT, SR (10/12/2017) Kabupaten Sumbawa Barat mengalami kekurangan khotib. Ini terlihat dari sulitnya para ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *