Home / Ekonomi / “Pray for Lotim” Banjir Telan 2 Korban Jiwa

“Pray for Lotim” Banjir Telan 2 Korban Jiwa

LOMBOK TIMUR, SR (19/11/2017)

Lombok Timur berduka. Banjir bandang yang menyapu wilayah tersebut, Sabtu (18/11) sore pukul 17.30 Wita, selain menghanyutkan rumah penduduk, juga menelan dua korban jiwa dan beberapa orang mengalami luka-luka. Adalah Wasila Cantika (9) asal Dusun Lokon, Desa Sepit, Kecamatan Keruak dan Rozi Gazali (16) warga Orong Bukal, Jerowaru, Lombok timur. “Wasila Cantika meninggal karena tertimpa bangunan saat banjir, sedangkan Rozi Gazali meninggal karena hanyut,” ujar Kepala Pusat Data dan Informasi Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Minggu (19/11).

Sementara itu beredar informasi, bahwa banjir yang menggenangi ratusan rumah di empat kecamatan, karena jebolnya Bendungan Pandan Dure di Kecamatan Sakra, Lotim. Namun informasi jebolnya bendungan itu dibantah Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB, H Lalu M. Rum. Banjir itu menurutnya karena meluapnya dua buah embung di bawah Bendungan Pandan Dure. “Curah Hujan yang cukup tinggi mengakibatkan meluapnya dua buah embung di bawah Bendungan Pandan Dure, sehingga terjadi banjir di empat kecamatan, yakni Kecamatan Sakra, Jerowaru, Keruak dan Kecamatan Sakra Barat,” jelasnya.

Jumlah korban sementara berdasarkan data sementara BPBD NTB: Waes al Khairi (30) asal Desa Sepit mengalami cidera ringan, Siti Julaiha (27) asal Desa Sepit mengalami cidera ringan, IQ Wahid (58) asal Oros dan AQ Wahid mengalami hipotermia, Silva (11) asal Lungkak Ketapang Raya mengalami cidera ringan, Sila (9) asal Lungkak Ketapang Raya mengalami cidera ringan, Hilda (30) asal Lungkak Ketapang Raya mengalami cidera ringan, Mak Tambar (60) asal Lungkak Ketapang Raya mengalami hipotermi, Baiq Sri Ida Muliani (31) asal Lingkok Ketapang Raya mengalami sesak napas, Ridwan Hafiz (26) asal Penendem mengalami cidera ringan, dan Ratna (7) asal Montong Bat Bawi mengalami cidera ringan. Untuk saat ini semua korban menjalani perawatan.

Pada saat ini warga yang terkena dampak mengungsi ke tempat yang dinilai aman dari banjir. Sebagian besar mengungsi ke rumah tetangga dan rumah kerabat korban terdekat. Petugas gabungan saat ini tengah mengevakuasi warga, pemasangan tenda-tenda evakuasi korban dan membersihkan sisa-sisa banjir pada daerah yang telah surut. Bantuan sudah didroping terhadap korban banjir, beras, selimut, family kids, kids ware, makanan siap saji, makanan tambah gizi, mie instant dan lainnya oleh BPBD NTB. Selain itu para netizen melalui media sosial memberikan doa khusus untuk warga Lombok Timur ” PRAY for Lotim”. (JER/SR)

Lihat Juga

Proses Penyelidikan Alot, Pengusaha Kayu Rugi Ratusan Juta

SUMBAWA BESAR, SR (11/12/2017) Berakhir sudah penantian panjang Muhammad Rosihan untuk mendapatkan kembali 12 kubik ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *