Home / Pendidikan / Lahirkan Anak Berbudaya, Dikbud Gelar Festival PBP

Lahirkan Anak Berbudaya, Dikbud Gelar Festival PBP

SUMBAWA BESAR, SR (07/11/2017)

Pekan Budaya Pelajar (PBP) dan Lomba Literasi Budaya Lokal 2017 resmi dibuka. Hal ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Sekretaris Daerah Sumbawa. Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Pahlawan Sumbawa Besar, Senin (6/11) malam ini dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Pimpinan OPD, Ketua GOW, camat dan tokoh masyarakat.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa, H. Sudirman, S.Pd melaporkan dalam memajukan dan mempertahankan kebudayaan Sumbawa akan melahirkan anak-anak yang berbudaya dan menciptakan daerah yang “senap semu nyaman nyawe” serta hebat dan bermartabat, merupakan dasar pemikiran terlaksananya Pekan Budaya Pelajar dan Lomba Literasi Budaya Lokal.

Sementara Bupati Sumbawa melalui Sekda, Drs. H. Rasyidi menyatakan bahwa kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat, dimana nilai-nilai luhur yang tersirat di dalamnya menjadi pedoman dalam tatanan kehidupan sosial kemasyarakatan. Budaya bisa mempengaruhi perkembangan ilmu lainnya. Contohnya ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM), sehingga muncul istilah seperti budaya organisasi (Organization Culture) atau budaya kerja (Work Culture) ataupun lebih spesifik lagi budaya perusahaan (Corporate Culture). Sedangkan dalam dunia pendidikan dikenal dengan istilah kultur pembelajaran sekolah (School Learning Culture) atau kultur akademis (Academic Culture).

Saat ini ungkap Sekda, pemerintah daerah sedang giat-giatnya memajukan dunia pariwisata Sumbawa, yang memiliki pesona kekayaan alam dan warisan budaya yang luhur dan unik. Hal ini tampak dari cukup banyaknya even pariwisata yang diselenggarakan. Tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta membangun kesadaran dan rasa kebanggaan sebagai Tau Samawa, pemahaman yang baik terhadap nilai-nilai kearifan lokal yang dimiliki, yang begitu kental dengan nilai-nilai keislaman. Yaitu “adat barenti ko sara’, sara’ barenti ko kitabullah”  dan memiliki falsafah “taket ko nene, kangila boat lenge”. (*)

loading...

Lihat Juga

Fatih Seferagic Sebut NTB Negeri Para Pencinta Al-Qur’an

MATARAM, SR (20/11/2017) Fatih Seferagic, seorang pemuda penghafal Al-Qur’an kelahiran Bosnia yang saat ini tinggal ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *