Home / Kesehatan / HUT Korpri, PGRI dan HKN Diperingati Bersamaan

HUT Korpri, PGRI dan HKN Diperingati Bersamaan

SUMBAWA BESAR, SR (29/11/2017)

Pemerintah Kabupaten Sumbawa memperingati Hari Ulang Tahun KORPRI ke-46, Hari Ulang Tahun PGRI ke-72, dan Hari Kesehatan Nasional ke-53, secara bersamaan. Peringatan ini dilaksanakan dalam wujud upacara bendera yang digelar di Halaman Kantor Bupati Sumbawa, Rabu (29/11) pagi. Hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Sumbawa, Wakil Ketua DPRD, Sekda dan Wakapolres Sumbawa.

Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah selaku inspektur upacara dalam sambutannya menyampaikan bahwa penggabungan peringatan ketiga hari besar tersebut tiada lain untuk efisiensi, sesuai dengan semangat mewujudkan tata pemerintahan yang baik (good governance), yang di dalamnya terkandung prinsip-prinsip efektif dan efisien. Meski demikian tidak mengurangi makna dari peringatan ketiga hari besar tersebut.

Wabup juga menyampaikan di usia yang ke-46, Korpri sebagai satu-satunya wadah bagi Pegawai Republik Indonesia selalu berupaya terus menerus dalam meneguhkan fungsinya sebagai perekat dan pemersatu bangsa, menjaga netralitas dan hanya berkomitmen tegak lurus terhadap kepentingan bangsa dan negara, sesuai dengan tema peringatan “46 Tahun Korpri Kerja Bersama, Setia Sepanjang Masa”.

Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional Wabup mengingatkan bahwa guru bukan hanya sebuah pekerjaan yang dimaknai dengan tugas untuk mendidik anak-anak bangsa pada pendidikan formal. Guru adalah panggilan jiwa untuk membantu menyalakan pelita pengetahuan dan kebajikan di dalam diri setiap anak bangsa.

Sebagai sebuah profesi yang menciptakan masa depan melalui karakter dan keterampilan generasi penerus bangsa, peran guru sangat strategis di dalam pembangunan nasional, sesuai tema peringatan Hari Guru Nasional 2017 “Membangun Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru”.

Dalam kesempatan tersebut Wabup mengajak segenap guru dalam mendidik siswa di sekolah dengan menerapkan asas disiplin dan menjadi seorang guru/pendidik yang mempunyai prilaku terpuji sehingga dapat dicontoh oleh para peserta didiknya. Sebab guru adalah seorang panutan bagi siswanya baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Guru juga diharapkan tetap semangat dalam mengabdi, memberi dan menebar kebaikan, karena kehadiran guru sejatinya ditunggu, hilangnya dirindu, ilmunya diburu, nasehatnya diseru, dan tingkahlakunya ditiru.

Kemudian, sesuai dengan tema peringatan HKN 2017, yaitu “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku”, Wabup berharap agar terbangun kesadaran untuk berprilaku sehat, sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup seluruh komponen masyarakat, yang akan berdampak pada peningkatan daya saing bangsa.

“Untuk itu saya mengajak kita semua untuk bersama-sama menjadi pelopor dalam mengimplementasikan Germas, dengan membiasakan aktifitas fisik/berolah raga, mengkonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, dan meluangkan waktu beberapa menit untuk membersihkan lingkungan kita. Hal ini sejalan pula dengan Gerakan Sepuluh Menit yang sudah kita canangkan di Kabupaten Sumbawa, yaitu membiasakan diri membersihkan lingkungan kerja, lingkungan pemukiman, minimal sepuluh menit sebelum memulai aktifitas,” lanjut Wabup.

Diakhir sambutannya, Wabup juga mengingatkan bahwa saat ini Kabupaten Sumbawa telah memasuki musim penghujan dan di beberapa tempat di wilayah Provinsi NTB maupun daerah lainnya telah ada yang tertimpa bencana banjir dan angin puting beliung. “Saya mengajak kepada kita semua untuk mengambil langkah-langkah antisipatif dalam menghadapi kemungkinan tersebut, dengan cara menjaga kebersihan lingkungan, memberantas sarang nyamuk dengan 3 M (menguras, menutup dan mengubur), melakukan gotong royong membersihkan saluran-saluran drainase di sekitar kita, dan tidak membuang sampah ke sungai,” pungkas Wabup.

Sebelumnya, pada pra upacara ditampilkan Drumband SMP Negeri 2 Sumbawa Besar, dan dilanjutkan dengan pemberian hadiah lomba bagi pemenang Lomba dalam rangka HUT KORPRI ke-46, HUT PGRI ke-72, dan Hari Kesehatan Nasional ke-53, yang diserahkan oleh Wakil Bupati Sumbawa dan diterima secara simbolis oleh juara 1 dari masing-masing mata lomba. (BUR/SR)

Lihat Juga

Bedait Malik..! SMPN 1 Mataram Angkatan 97 Gelar Reuni Akbar

MATARAM, SR (11/12/2017) Alumni SMP Negeri 1 Kota Mataram Angkatan 1997 mengadakan Reuni Akbar setelah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *