Home / Pendidikan / FSB Pelajar Lopok Ajang Perkuat Budaya Samawa

FSB Pelajar Lopok Ajang Perkuat Budaya Samawa

SDN Mamak, SMPN 4 Satap Lopok dan SMPN 2 Lopok Borong Piala

SUMBAWA BESAR, SR (24/11/2017)

Salah satu upaya untuk memperkuat, mempertahankan, sekaligus menanamkan nilai nilai budaya kepada pelajar, Pemerintah Kecamatan Lopok bekerjasama dengan Sanggar Seni Ganinggara Lopok, menggelar Festival Seni Budaya (FSB) 2017. Event budaya tersebut diikuti  pelajar SD, SMP, dan SMA se-Kecamatan Lopok. Kegiatan yang telah berlangsung 20–24 November ini menampilkan berbagai jenis budaya Sumbawa. Di antaranya, Tarian Adat, Pop Song, Gero Saketa, Palompong, Basarunai, Bagesa, Bakelong, Sakeco, Ngumang, Malangke, dan lainnya. Kegiatan yang membangkitkan adat tradisi budaya Tana Samawa ini ditutup secara resmi camat setempat diwakili KUPT Dikbud Kecamatan Lopok, Jalaluddin S.Pd, di halaman kantor camat setempat, Kamis (23/11) malam.

Dalam sambutannya, Jalaluddin menegaskan bahwa momen ini merupakan ajang membangkitkan seni budaya Samawa dengan berbagai macam mata lomba, baik suara maupun gerak. “Setiap sekolah yang berkompetisi dengan berbagai mata lomba tentu mengedepankan kerjasama, secara otomatis memperkenalkan budaya yang relevan kepada anak-anak,” kata Jalaluddin.

Menurutnya, kegiatan ini sesuai dengan motto Tau Samawa yakni Adat Barenti Ko Sara, Sara Barenti Ko Kitabullah, sehingga diharapkan para pelajar menjadi anak yang hebat dan bermartabat. Terlebih kegiatan yang dilaksanakan ini mengusung tema Sakoat Adat sebagai filter budaya luar seiring perkembangan teknologi. Kedepan diharapkan mampu menggali budaya-budaya Samawa agar semakin dicintai. “Meski kegiatan ini digelar dengan anggaran yang terbatas, namun karena semangat saling satingi sehingga dapat terlaksana dengan sukses dan meriah serta menjadi hiburan masyarakat Kecamatan Lopok, tandas Jalaluddin.

Sebelumnya Ketua Panitia, M. Sirad S.Pd menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini, baik yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung. Kegiatan ini dilaksanakan atas dukungan anggaran dari Dirjen Kesenian Kementerian Pariwisata kerjasama dengan Sanggar Seni Ganinggara pimpinan Tjok L. Gali, dengan tema “Sakoat Seni Budaya Ling Tana Intan Bulaeng Menuju Samawa Hebat Bermartabat”.

Pantauan media ini pada malam penutupan, tampil berbagai atraksi seni budaya dari sekolah yang berhasil meraih juara. SDN Mamak meriah tiga gelar juara pada tiga mata lomba yakni Lomba Ngumang, Gero Saketa dan Lomba Malangko. Sedangkan Tari Anak diraih SDN Berora, Lomba Rabalas Lawas diraih SDN 2 Lopok, Nyanyi Solo Putra oleh SDN Berora, dan Nyanyi Solo Putri diraih SDN 2 Langam. Untuk tingkat SMP dan SMA, SMPN 4 Satap memborong piala karena berhasil meraih juara pertama Lomba Bagesa, Lomba Palompong dan Lomba Sakeco. Demikian dengan SMPN 2 Lopok juga demikian karena meriah juara pertama lomba Basarunai, Lomba Solo Putri dan Lomba Bakelong. Sedangkan Lomba Solo Putri diraih SMKN 1 Lopok. (JEN/SR)

Lihat Juga

KSB Kekurangan Khotib, IKADI Gelar Pelatihan Khotib

SUMBAWA BARAT, SR (10/12/2017) Kabupaten Sumbawa Barat mengalami kekurangan khotib. Ini terlihat dari sulitnya para ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *