Home / Olahraga / Atlet Sumbawa Terancam Gagal Ikut Porprov 2018
Ketua KONI Sumbawa Mustami Hamzah, ketika menyalami salah seorang atlet Kabupaten Sumbawa yang ikut menyumbang medali pada PON Bandung 2016 lalu

Atlet Sumbawa Terancam Gagal Ikut Porprov 2018

SUMBAWA BESAR, SR (10/11/2017)

Kabupaten Sumbawa terancam tidak bisa mengikuti Pekan Olahraga Propinsi (Porprov) 2018. Padahal Sumbawa merupakan daerah yang diunggulkan. Sebab kebutuhan untuk Porprov yang diprediksi sekitar Rp 4 milyar belum dipenuhi. Dalam pembahasan di tingkat Komisi tiga hari lalu, anggaran KONI untuk tahun 2018 terpenuhi hanya sekitar Rp 1,5 milyar. ‘’Bila alokasi anggaran yang diberikan untuk KONI  terkait kegiatan Porprov hanya Rp 1,5 milyar, itu sangat minim. Tentu Kabupaten Sumbawa tidak bisa mengirim atletnya. Padahal Porprov ini  menjadi kegiatan yang sudah teragendakan,’’ jelas Ketua KONI Kabupaten Sumbawa, H. Mustami H. Hamzah, Jumat (10/11).

Untuk diketahui, katanya, pada Porprov 2014 lalu, jumlah anggaran terpenuhi sekitar Rp 2,5 milyar, sudah termasuk untuk sekretariat. Jumlah sebesar itu diikuti oleh 14 Cabang Olahraga (Cabor) plus bonus. Sedangkan untuk Porprov 2018 ada penambahan sekitar 27 Cabor. Dengan adanya penambahan itu sehingga untuk kebutuhan peserta Porprov dan juga bonus atlet serta anggaran Sekretariat KONI 2018, membutuhkan dana sekitar Rp 4  Milyar.

Untuk memenuhi harapan agar atlet bisa ikut sebagai peserta pada Porprov 2018, menurut Mustami, dirinya sudah melakukan komunikasi dengan pihak eksekutif, termasuk sejumlah anggota DPRD yang tersebar di komisi-komisi. ‘’Dengan komunikasi ini kami berharap anggaran  bisa terpenuhi. Sehingga Kabupaten Sumbawa bisa ikut sebagai peserta pada Porprov 2018 mendatang. Sebab atlet yang berprestasi di Porprov inilah yang kemudian mewakili NTB untuk ikut pada PON 2020,’’ ungkapnya.

Terkait adanya keinginan pihak KONI dan sejumlah Cabor untuk melakukan hearing dengan pimpinan DPRD Sumbawa terkait dengan anggaran KONI dan Porprov 2018, Mustami memastikan hal itu akan dilakukan. ‘’Istilahnya silaturrahim dengan pimpinan DPRD. Sehingga kami, terutama teman-teman di Cabor mendapat penjelasan yang pasti. Semoga ada titik terang pada rasionalisasi pembahasan anggaran Senin yang akan datang,’’ pintanya. (JEN/SR)

loading...

Lihat Juga

Sumbawa Juara Umum Kejurprov Taekwondo NTB

SUMBAWA BESAR, SR (31/10/2017) Lima dari tujuh atlet Taekwondo asal Kabupaten Sumbawa berhasil keluar sebagai ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *