Home / Ekonomi / “Kredit Sahabat” Solusi Petani Miskin Dapatkan Modal Usaha

“Kredit Sahabat” Solusi Petani Miskin Dapatkan Modal Usaha

SUMBAWA BESAR, SR (02/11/2017)

Masyarakat di Kecamatan Plampang merasa terbantu dengan adanya Kredit Sahabat (Kerabat) yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Kredit Sahabat ini merupakan program pemerintahan Husni—Mo dalam upaya membebaskan petani tergolong miskin dari jeratan rentenir.

Salik, petani Desa Sepayung yang ditemui SAMAWAREA saat pencairan pinjaman di BUMDes Bhineka Tunggal Ika, Kamis (2/11) mengaku Kredit Sahabat ini sangat membantunya dan petani lain yang tergolong tidak mampu. Selain prosesnya mudah, juga pengembaliannya sangat ringan jika dibandingkan pinjam di rentenir. Sebelum adanya program ini, Salik mengaku meminjam di rentenir untuk biaya kegiatan pertaniannya. Bukannya membantu meningkatkan kesejahteraan, justru mereka tambah miskin. Hasil panen habis untuk rentenir. “Alhamdulillah saat ini kami sangat terbantu,” ucapnya.

Hal senada dikatakan Syamsuddin warga Dusun Karya Mulia yang ditemui BUMDes Batongo Desa Plampang. Pinjam di rentenir saat itu sangat menyusahkan mereka. Untuk pinjaman Rp 5 juta pengembaliannya Rp 7,5 juta yang dibayar setelah panen. Ketika hasil panen mencapai 4 ton, hanya sedikit sisa untuk menyambung hidup, karena selebihnya untuk membayar utang. “Sekarang kami merasa lega, dengan Kredit Kerabat kami hanya mengembalikan pokoknya saja. Saya sangat berharap kepada pemerintah untuk menambah dana di BUMDes sehingga pinjaman kepada masyarakat bisa lebih besar,” pintanya.

Abdullah warga Desa Usar di BUMDes Harapan Mandiri menyatakan mereka sangat beruntung adanya program ini. Selain bebas dari rentenir juga solusi bagi mereka yang kesulitan meminjam uang di bank konvensional. “Kalau di bank prosesnya rumit, panjang dan berbelit-belit serta harus ada jaminan yang persyaratan ketat. Kalau di BUMDes sangat mudah, cepat dan masa pengembaliannya panjang yakni 6 bulan,” pungkasnya. (BUR/SR)

Lihat Juga

Target Tahun Ini 50 Ribu Meter, PTAMNT Tambah Mesin Bor di Dodo Rinti

SUMBAWA BESAR, SR (13/6/2019) Silaturrahim dan Halal Bihalal yang digelar PT Amman Mineral Nusa Tenggara ...

4 comments

  1. Kabar baik!
    Nama saya Anita George, warga negara Indonesia, saya tinggal di jl bojong pondok terung rt 003 rw 004 kel bojong tapi terung kec kec cipayung depok kota. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi nasehat konkret kepada seluruh warga negara Indonesia yang sedang mencari pinjaman agar berhati-hati karena internetnya penuh dengan kecurangan, beberapa bulan yang lalu saya sangat membutuhkan pinjaman, karena keuangan saya Situasi Tidak begitu baik. dan saya putus asa, saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari saudi arabia dan singapura. Saya hampir meninggal, sampai seorang teman saya bercerita tentang seorang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ibu. Edith Donard, pemilik sebuah organisasi pinjaman global, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan pinjaman sebesar Rp350.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam dengan suku bunga 2% dan mengubah hidup seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Ibu. Edith Donard mentransfer pinjaman saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya.

    Jadi untuk pekerjaan bagus Ibu. Edith telah melakukannya dalam hidupku dan keluargaku, aku memutuskan untuk menceritakan dan membagikan kesaksianku tentang Ibu. Edith, jadi orang-orang dari negara saya dan kota saya bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, mohon hubungi Ibu. Edith melalui email: (edithdonald05@gmail.com)

    Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: (anitageorge658@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kotaku, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa terus memberkati Ibu. Edith untuk pekerjaan baik dalam hidupku dan keluargaku.

  2. WE OFFER ALL KIND OF LOANS

    Do You Need A Loan To Consolidate Your Debt At 1.0%? Or A Personal Loans * Business Loans etc. Interested Parties Should Contact Us For More Information Through Via E-mail: SuiteCapitals@gmail.com ( SuiteCapitals@post.com )

  3. Sudahkah Anda mencari penawaran pinjaman tertentu? Mungkin pemberi pinjaman yang sah untuk pinjaman besar, atau pinjaman murah dan cepat sebesar 2% per tahun untuk membayar tagihan darurat dan hutang? hubungi kami sekarang, greatfuturefinancialservices@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *