Home / Kesehatan / Roadshow PKK NTB di Sumbawa, Canangkan Kampung KB

Roadshow PKK NTB di Sumbawa, Canangkan Kampung KB

SUMBAWA BESAR, SR (11/10/2017)

Selepas dari Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Tim Penggerak PKK NTB melakukan roadshow ke Kabupaten Sumbawa, Rabu (11/10). Kegiatan dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan tingkat Provinsi NTB ini dirangkaikan dengan pencanangan Kampung KB Lingkungan Surya Bhakti Kelurahan Pekat Kecamatan Sumbawa Tahun 2017 yang dipusatkan di Puskesmas Unit II Brangbiji Sumbawa Besar.

Rombongan Roadshow yang dipimpin langsung Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi NTB, Hj Erica Zainul Majdi didampingi Wakil Ketua I TP PKK Hj. Syamsiah Amin, disambut Bupati Sumbawa HM Husni Djibril B.Sc, Wakil Ketua TP PKK Sumbawa, Waka Polres Sumbawa Kompol Nurdin Senang, Kepala DPM PD Dukcapil Provinsi NTB, Kepala Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi NTB, Kepala Dinas P2P3A Sumbawa, dan pimpinan organisasi perangkat daerah.

Dalam kesemnpatan itu Bupati menyampaikan bahwa Tim Penggerak PKK memiliki peran yang cukup strategis dalam mendekatkan Program KB kepada masyarakat sebagai upaya menumbuhkan budaya keluarga berkualitas dalam mewujudkan keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera. Keluarga sebagai institusi terkecil dan utama menjadi warna tatanan kehidupan keluarga ke depan. Dalam upaya mempertajam implementasi dari ekspektasi-ekspektasi tersebut, Kabupaten Sumbawa telah menjalankannya dengan program-program inovatif daerah, di antaranya dengan menambah jumlah kampung KB.

Lebih lanjut dikatakan Bupati, bahwa peran PKK ke depan dipandang semakin strategis dalam dunia kemitraan untuk menjawab kepemilikan dan kebersamaan program. Tantangan berat yang dihadapi dalam era globalisasi adalah laju pertumbuhan penduduk dan pengentasan kemiskinan, yang menjadi simetris dengan program strategis nawacita 5, yakni meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui program revolusi mental.

Bupati berharap momentum Roadshow Hari Kesatuan Gerak PKK Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat tersebut menjadi wahana silaturrahim sekaligus memperkuat ketajaman dan revitalisasi program pembangunan keluarga sebagai program yang dibangun melalui kekuatan sinergisitas, holistik dan integrasi. Selain itu berbagai program pembangunan pemerintah dan masyarakat baik provinsi, kabupaten, kecamatan maupun desa/kelurahan dapat terlaksana dengan baik dan mendapat dukungan lebih maksimal dari berbagai elemen masyarakat dan lembaga kemasyarakatan.

Sebelumnya Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumbawa, Sofia Noviantry Rayes Mahmud Abdullah menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Ia berharap kegiatan Roadshow HKG PKK-KB-Kesehatan Tingkat Provinsi NTB tersebut dapat menjadi motor penggerak partisipasi semua pihak dalam rangka meningkatkan cakupan pelayanan KB-Kesehatan melalui pemberdayaan masyarakat dan gerakan PKK. Karena PKK merupakan salah satu unsur penggerak pembangunan. Seluruh upaya yang dilakukan Tim Penggerak PKK dari tingkat provinsi, kabupaten, sampai tingkat desa bertujuan untuk mewujudkan keluarga yang sehat, bahagia dan sejahtera, sehingga mampu menjadi kekuatan pendukung pembangunan yang berkelanjuta. Dan segenap jajaran TP PKK secara berjenjang mampu menyusun rencana aksi dalam rangka akselerasi/percepatan program-program PKK. Akselerasi diperlukan karena perkembangan program masyarakat maupun program pemerintah berkembang sangat pesat dewasa ini. “Melalui kegiatan ini dapat membangkitkan kembali semangat ber-KB masyarakat, serta menggerakkan dan memberdayakan seluruh keluarga untuk ikut program KB yang ditindaklanjuti oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten sampai ke tingkat  bawah.

Ketua TP PKK Provinsi NTB, Hj. Erica Zainul Majdi menyampaikan bahwa Roadshow TP PKK NTB dapat terlaksana karena berjalan bersama dengan BKKBN. Dalam roadshow yang dilakukan di Kabupaten Sumbawa akan berfokus pada keluarga berencana untuk membentuk keluarga yang berkualitas. Faktor strategis yang mencapai hal itu adalah KB. “Roadshow ini dalam rangka hari kesatuan gerak PKK KB Kesehatan tingkat Provinsi NTB sekaligus agenda intinya pencanangan Kampung KB di lingkungan Surya Bhakti Kelurahan Pekat, Kecamatan Sumbawa. Dan tentunya ada faktor-fakltor lain yang terjabar dalam 10 program pokok PKK yang semuanya adalah bertujuan untuk mendukung program Pemerintah Pusat, pemerintah Provinsi NTB dan Kabupaten,” ujarnya.

Hj. Erica juga menyampaikan bahwa selain keluarga berencana, juga difokuskan untuk tumbuh kembang anak. Seperti mewaspadai predator anak, kekerasan seksual terhadap anak, penggunaan gadget, internet serta memperhatikan asupan gizi anak, sehingga pemikiran kekurangan gizi diakibatkan kemiskinan dihilangkan. “Gizi yang baik tidak selalu mahal. Pastikan di menu anak-anak kita itu ada proteinnya. Ada sayur mayurnya, dan buahnya,” imbuhnya.

Roadshow ini dirangkaikan dengan penyerahan bantuan dari Pemerintah Provinsi NTB dan PKK Provinsi NTB kepada Pemerintah Kabupaten Sumbawa berupa satu paket alat perbengkelan dari Dinas Perindustrian NTB. Sementara dari Kantor Perwakilan BKKBN NTB memberikan bantuan berupa 1 set Obygyn Bed untuk UPT Puskesmas Unit 2 Sumbawa, dan 1 set BKB Kit untuk kelompok BKB Tunas Karya pada kampung KB Surya Bhakti Kelurahan Pekat. Dari Dinas Kesehatan NTB memberikan bantuan PMT untuk Bumil dan Balita Gizi Kurang (20 dus untuk kab/kota), dan TP PKK Prov. NTB berupa 30 lembar jilbab seragam resmi PKK. (JEN/SR)

 

Lihat Juga

Sambut HUT NTB, Tenis Meja SKPD Lingkup Pemprov Digelar

MATARAM, SR (08/12/2017) Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB menggelar berbagai kegiatan dalam rangka menyambut sekaligus memeriahkan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *