Home / Pendidikan / Nurdin Ranggabarani Buka Sekolah Tanggap Bencana

Nurdin Ranggabarani Buka Sekolah Tanggap Bencana

SUMBAWA BESAR, SR (12/10/2017)

Anggota DPRD NTB Dapil V (Sumbawa dan KSB) Nurdin Ranggabarani SH MH didaulat untuk membuka kegiatan Fasilitasi Penerapan Pengurangan Resiko Bencana Menuju Sekolah/Madrasah Aman Bencana di SMAN 1 Alas, kemarin. Kegiatan yang diselenggarakan BPBD Provinsi NTB dan diikuti 120 siswa-siswi SMA di beberapa kecamatan selama 3 hari tersebut dimaksudkan untuk memberikan bekal pelatihan kepada para remaja agar memiliki wawasan kebencanaan dan menjadi pribadi-pribadi yang tanggap bencana. Kehadiran politisi PPP dalam kegiatan ini di sela-sela Resesnya yang berlangsung 10-15 Oktober 2017.

Dalam sambutannya, Nurdin Ranggabarani yang juga Pimpinan Komisi yang menangani kebencanaan di DPRD NTB ini menyatakan bahwa para generasi muda perlu memiliki wawasan kebencanaan mengingat NTB masuk dalam ring salah satu provinsi di Indonesia yang rawan bencana. Hal ini mengingat semua potensi bencana ada di NTB karena memiliki 3 gunung berapi yakni Tambora, Rinjani dan Sangiang Api.

Bencana alam ungkap Nurdin Raba—sapaannya, tidak dapat diprediksi kapan akan terjadi. Karena itu diperlukan kesiapsiagaan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan terjadinya bencana tersebut. Terkait hal ini semua pihak harus menyadari jika kondisi alam dan lingkungan hidup dewasa ini sudah banyak yang berubah, sehingga menimbulkan bencana yang juga disebabkan kelalaian manusia. Kondisi lingkungan bertambah rusak dan makin tidak seimbang sehingga menyebabkan terjadinya musibah atau bencana alam berupa banjir, tanah longsor, kekeringan dan kebakaran hutan. Kesadaran akan kecintaan pada alam dan perlunya perbaikan lingkungan hidup harus terus dilakukan sebagai upaya dalam mencegah terjadinya bencana alam yang sering melanda setiap daerah termasuk di Kabupaten Sumbawa.

Untuk menghindari terjadinya bencana khususnya banjir, Nurdin meminta warga menjaga kebersihan lingkungan, seperti tidak membuang sampah sembarangan, drainase atau selokan selalu dibersihkan, dan lahan yang kosong ditanami pohon. “Mitigasi bencana sangat diperlukan sebagai upaya pra bencana dalam mendorong kesiapsiagaan masyarakat guna meminimalisir resiko bencana,” demikian Nurdin.

Kegiatan ini dihadiri Kabid Penanggulangan Kebencanaan BPBD NTB, Ir. Arifuddin dan BPBD Kabupaten Sumbawa diwakili Drs. Usman. Selain itu Kepala SMAN 1 Alas, Drs. Purwanto. (JEN/SR)

Lihat Juga

Bedait Malik..! SMPN 1 Mataram Angkatan 97 Gelar Reuni Akbar

MATARAM, SR (11/12/2017) Alumni SMP Negeri 1 Kota Mataram Angkatan 1997 mengadakan Reuni Akbar setelah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *