Home / Pemerintahan / Dimungkinkan Dapil II Sumbawa Dimekarkan
Sudirman SIP, Komisioner KPU Sumbawa

Dimungkinkan Dapil II Sumbawa Dimekarkan

SUMBAWA BESAR, SR (12/10/2017)

Anggota KPU Kabupaten Sumbawa, Sudirman S.IP menegaskan belum ada pemekaran daerah pemilihan (Dapil) maupun penambahan kursi di DPRD Sumbawa pada Pemilu 2019 mendatang. Artinya, Dapil masih tetap sama seperti Pemilu 2014 yakni 5 Dapil meliputi Dapil I (Empang, Plampang, Maronge dan Labangka), Dapil II (Lape, Lopok, Moyo Hulu, Lenangguar, Ropang, Lantung, Orong Telu dan Lunyuk), Dapil III (Badas, Unter Iwis, dan Batu Lanteh), Dapil IV (Rhee, Utan, Alas dan Alas Barat) dan Dapil V (Sumbawa, Moyo Hilir dan Moyo Utara). Demikian dengan jumlah kursi di DPRD masih 45. “Sampai hari ini belum ada perubahan karena pemetaaan jumlah penduduk dari hasil koordinasi kami dengan Dinas Dukcapil, tidak ada penambahan jumlah kursi di masing-masing Dapil melampaui batas ketentuan perundang-undangan sampai 12 kursi per Dapil,” ungkap Sudirman.

Dalam peraturan perundangan menyebutkan 500 ribu—1 juta penduduk masih 45 kursi. Melihat jumlah penduduk Sumbawa yang hanya 500 ribu lebih, masih jauh untuk adanya penambahan kursi. “Yang kami usulkan masih tetap 5 Dapil, tapi ketika ada masukan penentunya tergantung KPU pusat. Nanti kami dari KPU kabupaten/kota akan diundang untuk membicarakan penyusunan Dapil dan perencanaan anggaran yang dipusatkan di Yogyakarta,” ujar Disivi Teknis KPU Sumbawa ini.

Memang diakui Sudirman, ada wacana ada penambahan Dapil. Desainnya untuk mempermudah akses anggota DPRD berkomunikasi dengan para konstituen agar jangkauannya tidak terlalu jauh. Jika melihat luas wilayah dan jalur transportasinya, yang paling luas adalah Dapil II meliputi Lape, Lopok, Moyo Hulu, Lenangguar, Ropang, Lantung, Orong Telu dan Lunyuk. Untuk mencapai antara kecamatan satu dengan lainnya di Dapil ini membutuhkan waktu seharian penuh. Kalau pilihan akan dipecah dengan alasan mempermudah basis komunikasi antara calon dan konstituennya, Dapil II dimungkinkan untuk dimekarkan dengan mengambil Kecamatan Lape, Lopok, Lantung, dan Ropang. Satunya lagi, Moyo Hulu, Lenangguar, Orong Telu dan Lunyuk. “Hanya Dapil II yang memungkinkan untuk dimekarkan. Meski demikian harus juga kita pertimbangkan semakin banyak Dapil tentu ada konsekwensi penambahan anggaran, karena cetak film surat suaranya akan berbeda. Ini yang nanti akan kita diskusikan dengan KPU pusat,” imbuhnya. (JEN/SR)

loading...

Lihat Juga

Semangat PPP Rebut Palu di KSB Kian Menggelora

SUMBAWA BARAT, SR (17/10/2017) Semangat Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) untuk merebut ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *