Home / Ekonomi / Ajaib, Pohon Kurma di Gili Tapan Berbuah Tapi Tak Berbiji

Ajaib, Pohon Kurma di Gili Tapan Berbuah Tapi Tak Berbiji

SUMBAWA BESAR, SR (29/10/2017)

Pohon kurma yang telah berusia puluhan tahun di Pulau (Gili) Tapan, Desa Labuan Sangoro, Kecamatan Maronge, Kabupaten Sumbawa, kini menjadi perhatian dan buah bibir masyarakat. Selain berdiri satu-satunya di pulau dan NTB pada umumnya, Pohon Kurma tersebut berbeda dari pohon kurma lainnya. Selain berbuah, buahnya juga tak berbiji. Masyarakat dari luar pulau rela menyeberangi lautan untuk melihat pohon kurma yang terbilang ajaib itu. Mereka penasaran dan ingin sekali mencicipi buah kurma yang diinformasikan sangat manis.

Amiruddin—Kepala Dusun Gili Tapan yang ditemui SAMAWAREA, Sabtu (29/10) mengaku sudah berada sejak 40 tahun silam di Gili Tapan. Sejak itu sudah ada pohon kurma besar yang usianya sudah tua. Tidak diketahui siapa yang menanam dan kapan ditanam. Namun beberapa tahun lalu pohon itu roboh, meninggalkan tunasnya dan kini sudah besar sekaligus berbuah seperti induknya. “Konon, kata orang kurma ini tidak bisa berbuah jika tidak dikawinkan. Tapi kurma ini aneh, tetap bisa berbuah meski tidak melalui proses itu. Lagipula buahnya tak punya biji,” kata Amire—sapaan putra asli Bugis asal Saelus Kecamatan Liu Tangaya Sulawesi Selatan ini.

Karena itu masyarakat setempat tetap menjaga dan memelihara pohon kurma langka ini agar tidak senasib dengan induknya yang roboh di usia tua. Warga setempat telah membuat pengaman agar tidak roboh diterjang angin. (BUR/SR)

loading...

Lihat Juga

TP4D Cek Pembangunan Gedung Kejaksaan, DPMPTSP dan Diskoperindag

SUMBAWA BESAR, SR (20/11/2017) Setelah melakukan monitoring Proyek Pembangunan Pasar Brang Bara, Senin (20/11) sore, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *