Home / MATARAM / Hebat ! Atlet Sumbawa Sumbang Medali di POPNAS 2017

Hebat ! Atlet Sumbawa Sumbang Medali di POPNAS 2017

Padahal Tidak Digembleng di PPLP Mataram

SUMBAWA BESAR, SR (28/09/2017)

Sembilan atlet Tae Kwon Do yang memperkuat NTB pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV 2017 di Semarang baru-baru ini, hanya mampu menyumbang satu medali. Itupun medali perunggu meski target terendah perak. Uniknya medali itu disumbangkan oleh Asmawanti atlet Asal Kabupaten Sumbawa yang tidak digembleng di Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) di Mataram.

Sabeum (instruktur) Wahid yang dihubungi wartawan, Kamis (28/9) mengaku hanya mengirimkan dua atlet andalannya, Asmawanti dan Risky Aprilio mengikuti seleksi untuk mempersiapkan atletnya mengikuti POPNAS di Semarang. Sebelumnya dia sudah memprediksi akan menyumbang medali, meski perunggu. Namun dia tidak bisa memastikan siapa di antara keduanya. ‘’Meski atlet yang kami kirim ke POPNAS XIV di Semarang tidak menjalani latihan di PPLP, namun kami yakin salah satunya akan menyumbang medali. Bahkan terget kami kedua-duanya akan mendapat medali. Nyatanya hanya satu atlet yakni atas nama Asmawanti yang turun di kelas U (under) 68,’’ jelas Wahid.

Mengenai pola latihan, Wahid mengaku pembinaan yang dilakukan cukup standar, dengan materi yang sama. ‘’Tapi kami bekali atlet kami dengan jadwal latihan yang padat, keseriusan dan kedisiplinan yang tinggi,’’ imbuhnya.

Asmawanti (17), siswi kelas III SMA Negeri 3 Sumbawa Besar ini mengaku bangga dengan raihan prestasi tersebut. Sebab untuk kejuaraan bergengsi seukuran POPNAS ini merupakan kali pertama diikutinya. Dari sisi pengalaman, Mawan—sapaan akrab pelajar asal Dusun Tabose, Desa Mama, Kecamatan Lopok, Kabupaten Sumbawa ini terbilang cukup banyak. Di antaranya Kejurnas Yunior di Surabaya, open turnamen di Bali, dapat medali perunggu dan kejuaraan resmi lainnya di NTB. Dengan bekal pengalaman yang dimiliki Mawan saat ini, tambah Agus Heryanto, Ketua Tae Kwon Do Kabupaten Sumbawa, selanjutnya akan lebih leluasa untuk menjalani kiprah dan peningkatan prestasinya. Agus memastikan bahwa Mawan salah satu atlet andalan NTB yang bisa diturunkan di PON 2020 di Papua untuk cabang olahraga Tae Kwon Do. ‘’Untuk mencapai prestasi yang lebih baik lagi, kami bersama instruktur (sabeum) yang ada senantiasa memantau dan mengevaluasi perkembangan atlet. Itu salah satu pola yang kami lakukan di Sumbawa sehingga atlet yang kami kirim untuk mengikuti kejuaraan apapun jenisnya, kami sudah siap,” pungkasnya. (JEN/SR)

 

Lihat Juga

Sambut HUT NTB, Tenis Meja SKPD Lingkup Pemprov Digelar

MATARAM, SR (08/12/2017) Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB menggelar berbagai kegiatan dalam rangka menyambut sekaligus memeriahkan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *