Home / Kesehatan / Semangat HUT 72 Tahun, PMI Sumbawa Terus Berbenah

Semangat HUT 72 Tahun, PMI Sumbawa Terus Berbenah

SUMBAWA BESAR, SR (17/09/2017)

Hari Ulang Tahun (HUT) Palang Merah Indonesia (PMI) ke-72, jatuh pada hari ini, Minggu, 17 September 2017. Khusus di Kabupaten Sumbawa, peringatan HUT PMI ini dilaksanakan cukup semarak. Berbagai perlombaan digelar di antaranya lomba mewarnai dan menggambar yang diikuti 250-an murid TK/PAUD dan SD, lomba bongkar pasang tenda, pembuatan tandu darurat, balap karung dan kelompan raksasa diikuti ratusan anggota PMR tingkat Wira (SMA) dan Madya (SMP). Sebelum lomba digelar, dilaksanakan upacara HUT PMI yang dipimpin Sekda Sumbawa, Drs. H. Rasyidi sekaligus Ketua PMI Sumbawa.

Dalam sambutannya, Haji Rasyidi menyampaikan bahwa dalam kurun waktu 72 tahun, PMI menghadapi banyak sekali tantangan, hambatan dan ringatan. Namun PMI semakin tegar dan matang dalam menghadapi kejadian bencana, konflik dan persoalan sosial yang melanda masyarakat. Usia yang terus bertambah tentunya tidak membuat PMI menjadi tidak dinamis. Tantangan ini tentu menjadi semangat dan motivasi bagi PMI untuk terus menggiatkan tugas-tugas kemanusiaannya. Tugas ini tentu tidak mudah. Karenanya PMI perlu mendorong dan meningkatkan keikutsertaan relawan muda, para mitra, pemangku kepentingan, organisasi perangkat daerah, organisasi sosial kemasyarakatan dan organisasi keagamaan untuk ikut berpartisipasi aktif di setiap gerakan kemanusiaan. “Bersama PMI, aksi serta komitmen kita semua ikut mengangkat derajat kesejahteraan bangsa,” imbuhnya.

Dijelaskan Haji Rasyidi, PMI Kabupaten Sumbawa memiliki Unit Transfusi Darah (UTD) yang memiliki tugas memberikan pelayanan darah mulai dari rekrutmen donor sampai dengan aspek teknis dari pengumpulan, pengolahan, penyimpanan dan distribusi darah kepada yang membutuhkan. PMI mendapat tugas khusus dari pemerintah RI untuk menyelenggarakan UTD. Sebagaimana diatur dalam dalam PP No. 18 Tahun 1980 serta penjabarannya yaitu Permenkes No. 478 Tahun 1991. Tugas ini dilaksanakan secara tersendiri atau otonom, dengan bimbingan, pengawasan dan pembinaan oleh pengurus PMI maupun Kementerian Kesehatan. Kondisi saat ini darah yang disumbangkan oleh pendonor sukarela dan pendonor darah pengganti sudah banyak, namun masih banyak lagi orang yang membutuhkan. Untuk itu ia menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh pendonor darah.

Lebih jauh dikatakannya, PMI Sumbawa terus berbenah diri untuk memberikan pelayanan terbaik dalam menjalankan tugas-tugas kemanusiaan. Tahun 2016—2017, pengadaan sarana prasarana telah mampu dilakukan secara bertahap berupa peralatan dapur umum, perahu karet, pembangunan gedung Markas PMI dan saat ini dikerjakan pembangunan tahap awal gedung UTD dengan anggaran sebesar Rp 200 juta yang merupakan bantuan Pemda Sumbawa. Selain itu pengadaan mobil operasional lapangan. “Bertepatan dengan HUT PMI 72 dengan mengusung tema “membangun masyarakat tangguh” ini diharapkan dapat menjadi pendorong bagi kita sebagai insan pekerja kemanusiaan untuk tak henti dan tak kenal lelah membantu masyarakat,” pungkasnya. (JEN/SR)

Lihat Juga

Wagub Minta Masyarakat Pilah Sampah Mulai dari Rumah

MATARAM, SR (6/10/2019) Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd mengikuti agenda Gerakan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *