Home / Pendidikan / Dibantu Donatur Kuwait, SDIT SC Segera Miliki Masjid
Peletakan Batu pertama pembangunan Masjid di SDIT SC

Dibantu Donatur Kuwait, SDIT SC Segera Miliki Masjid

SUMBAWA BESAR, SR (19/08/2016)

Mimpi pengelola Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Samawa Cendekia untuk membangun masjid di komplek sekolah, akhirnya terwujud. Tidak tanggung-tanggung bantuan masjid itu datang dari Kuwait—salah satu negara Islam di timur tengah melalui Yayasan Pondok Pesantren Dhiaul Fikri Lombok NTB bekerjasama dengan Yayasan Islam Bina Ummat Jakarta. Bahkan bukan hanya masjid, sekolah yang bernaung di bawah Yayasan Dea Mas ini justru mendapat rejeki berlipat berupa pembangunan 4 Ruang Kelas Baru, Sumur dan MKC. Pembangunan fisik bantuan luar negeri itu mulai dilakukan, yang ditandai dengan peletakan batu pertama, Jumat (19/8) pagi tadi. Hadir dalam kegiatan yang diawali tarian Basmalah dan Murratil Quran oleh siswa-siswi SDIT, di antaranya Kepala SDIT, Pimpinan Ponpes Dhiaul Fikri, Camat Badas, Komite dan orang tua murid beserta guru setempat.

Kepala SDIT Samawa Cendekia, Sambirang Ahmadi S.Ag.,M.Si., mengaku sudah lama mencari donatur bagi pembangunan masjid di komplek sekolahnya termasuk ke negera timur tengah. Beberapa kali direspon dan disurvey, tapi bantuan itu belum kunjung datang. Upaya ini dilakukan untuk merealisasikan rencana pembangunan masjid pada Januari 2017 mendatang. Tak disangka, Ia dipertemukan dengan TGH Gunawan Ruslan LC, pimpinan Ponpes Dhiaul Fikri Sakra Lombok Timur yang langsung menawarkan bantuan. Bantuan itu bersifat stimulan, hanya perangsang untuk memecut semangat SDIT untuk bekerja keras menyelesaikan pembangunan masjid meski secara swakelola. Tawaran itu disambut dengan sukacita. “Januari mendatang kita sudah rencanakan membangun masjid, tapi Allah berencana lain merealisasikan rencana itu lebih cepat,” kata Sambirang—akrab ustadz low profil ini.

SDIT Peletakan Batu 2

Swakelola, Penggalian lubang Pondasi Masjid dan RKB
Swakelola, Penggalian lubang Pondasi Masjid dan RKB

Untuk menyelesaikan pembangunan masjid yang dinamakan “Markaz Aly Bin Aby Thalib” tersebut pihaknya sudah membentuk kepanitiaan yang diketuai salah seorang wali murid yang kebetulan juga ahli konstruksi. Selain itu ada beberapa wali murid yang tergerak hatinya lalu menyumbang puluhan zak semen. Dengan kerjasama dan rizki dari Allah SWT, Sambirang menargetkan masjid tersebut selesai Desember 2016.

Tidak hanya masjid, RKB dan MCK, pada momen yang sama, SDIT Samawa Cendekia mendapatkan bantuan hibah Radio Komunitas dari H Muhammad HY—mantan penyiar radio senior di Radio Pemerintah Daerah (RPD). Untuk kelangsungan siaran radio ini, SDIT Samawa Cendekia mengangkat pemberi hibah menjadi pembina radio tersebut. Radio SDIT ini memiliki beberapa program unggulan yaitu hafalan ayat-ayat Al-Qur’an anak-anak live melalui radio. Dari program ini guru setempat bisa mengecek hafalan anak didiknya lewat radio. Program lainnya adalah konsultasi kesehatan dan tumbuhkembang anak. Untuk program ini, SDIT bekerjasama dengan dokter spesialis dan pakar anak lainnya. Orang tua maupun masyarakat umum lainnya dapat berkonsultasi langsung dengan para ahlinya.

Sementara Pimpinan Ponpes Dhiaul Fikri, Tuan Guru H. Gunawan Ruslan LC berpesan kepada jajaran SDIT untuk dimakmurkan masjid yang telah dibangun karena bagian tanda-tanda orang beriman. “Jangan membangun Masjid seperti membangun keranda mayit. Ketika dibangun rame-rame, sudah jadi isinya hanya satu. Juga jangan bangun masjid menjadi tanda-tanda kiamat. Bangunannya megah dan besar tapi tidak ada isinya,” katanya mengingatkan.

Bantuan pembangunan masjid ini diakuinya bersifat stimulant. Artinya kelanjutan pembangunan ini membutuhkan partisipasi orang tua murid, masyarakat dan donatur lainnya. Karena itu dibutuhkan kebersamaan, kekompakan dan kerja keras untuk mewujudkan sesuatu yang akan menjadi bekal akhirat kelak. “Semoga Allah memberkahi sekolah ini. Insya Allah ketika masjid ini sudah jadi, kami akan berusaha mendatangkan langsung Syeikh dari Kuwait dan Jakarta untuk menghadiri peresmian. Kemungkinan dengan kehadiran donatur itu mengiringi datangnya bantuan-bantuan lainnya,” ujarnya.

Tarian Basmalah oleh anak-anak SDIT SC, menyambut tamu kehormatan peletakan batu pertama Masjid SDIT SC
Tarian Basmalah oleh anak-anak SDIT SC, menyambut tamu kehormatan peletakan batu pertama Masjid SDIT SC

Sebelumnya Sekcam Labuhan Badas, Sudirman S.Sos mengapresiasi keberadaan SDIT Samawa Cendekia di wilayahnya. Sekolah tersebut secara tidak langsung telah mengharumkan nama kecamatan terutama pada ajang Seleksi Tilawatil Quran (STQ). Dari sebelumnya tidak memiliki prestasi, kini Kecamatan Badas menempati peringkat keempat STQ kabupaten. “Semoga SDIT ke depan semakin jaya dan hebat yang outputnya tidak kalah dari sekolah-sekolah lain serta populer dalam prestasi,” pungkasnya. (JEN/SR)

Lihat Juga

TGB Ajak Forjim Sebarkan Kebenaran Melalui Tulisan

MATARAM, SR (20/02/2018) Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi, saat membuka Musyawarah Kerja Nasional ...

8 comments

  1. Assalamualaikum wr wb

    Kami panitia pembngunan masjid Nurul Iman
    Alamat perum Pasuruan Anggun Sejahtera desa Rembang, kec.Rembang, kab.Pasuruan – Jawa Timur

    Mau menanyakan prosedur permohonan bantuan pembngunan masjid

    Mungkin ada persyaratan yg harus kami penuhi, mohon infonya

    Terima kasih

    Wassalamualaikum wr wb

    -Yudy Effendi-
    Panitia pembngunan masjid Nurul Iman
    Telp : 085236208291

  2. Assalamualaikum. .kami dari islamic boarding school pondok pesantren al-hidayah yang beralamat di kp. Kubang cempaka Cisait-Kragilan Serang Banten membutuhkan bantuan dana untuk pembangunan masjid dan RKB serta asrama tahfidz quran.
    Wassalam.
    Pimpinan Encep ependi. Hp. 087871114123

  3. Assalamu alaikum wr.wb
    Kami selàku pengurus masjidal.ikhlas ingin minta petunjuk cara mendapat bantuan dari donatur luar negeri

  4. Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh
    Puji syukur kepada Allah dengan segala limpahan Rahmat-Nya
    Perkenalkan saya MH Sajidan guru agama Islam di lembaga pendidikan nasional I kota Bekasi.
    Saya ingin bertanya sehubungan dengan publikasi di web yang saya baca tentang kerjasama pembuatan masjid, kami tertarik dan sekaligus mau menanyakan, apakah dapat dikabulkan seandainya sekolah kami ingin membuat masjid, apakah termasuk kategori bisa mengajukan permohonan ?

    sekolah kami dari jenjang TK-SMA belum memiliki masjid dan hanya punya musholla dan itupun sangat kecil sekali tidak dapat menampung siswa kami untuk melaksanakan sholat secara berjamaah. total keseluruhan siswa kami sekitar 900 siswa.

    untuk itu kami sangat mengharapkan dapat bantuan untuk pendirian masjid di sekolah kami. harapan kami sangat besar untuk terkabulnya permohonan ini.

    terima kasih

    Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

    Hormat kami

    MH Sajidan, S.Ag.

  5. Assalam.wr.wb.
    Kami dr panitia pembangunan masjid at taubah serta pembangunan ponpes adzikru 99 ingin menanyakan kepada saudaraku seiman dan seperjuangan dalam membangun dan mengembangkan agama Alloh Swt. Meminta bantuan kiranya kami dapat diberikan info tentang bagaimana prosedur dan persyaratan serta alamat dalam mendapatkan bantuan dana hibah dari donatur yg antum2 kenal karena masyarakat kami 75 % masyarakat yg kurang mampu. Oleh karena itu kalau ada info mhn hub. Kami
    H. JUMAIN AZIZI
    ALAMAT. BAKONG DASAN LEMBAR KEC. LEMBAR LOBAR NTB
    HP. 08191715171 DAN 085338599791

    • Untuk mendapatkan informasi lebih tepatnya hubungan Bapak Sambirang Ahmadi S.Ag M.Si Kepala SIT Samawa Cendekia 081339557563 / 081803531974

  6. Assalamualaikum.wr.wb,
    Di kampung kami belum punya masjid umum ,hanya masjid pribadi punya sesorang karena tanah hak milik.tetapi ada yang mau mewaqafkan tanah sawah untuk masjid gak punya biaya pengurugan dan pembangunan majid tersebut.
    Sekiranya ada hamba allah yang mau membantu mohon hubungi no hp .085771321735 atau no rekening .0116-01-012603-52-8 an.ama atmaja

  7. Assalmkm. Wr.wb. mudah2an semua nya dalam keadaan sehat. Dan dalam lindungan allah. S.w.t. buat para dermawan dan dermawati. Mohon maaf sblm.nya. hanya sekedar memberitaukan. Bahwa kami sangat kekurangan dlm menjalan kan semua aktigitas yg bekaitan dngan agama. Kami dan kawan2 seperjuangan dlm dakwah/shyar agama. Baran kali ada donatur sesama muslim sudi kira nya. Menyumbangkan karunia berupa harta yg telah allah. S.w.t berikan kepda bpk/ibu.sblm dan seaudah nya kami ucapkan bnyak2 trima kasih. Yg insya allah. Bantuan dr bpk ibu. Kami akan salurkan kpda pondok pesantren/penuntut ilmu/anak yatim/ ibnnu sabil janda2 dan para musyafir yg dlm memperjuangakan tegak nya kalimat allah. Di muka bumi ini. Insya allah. Jazakallah khiron khtsiron. ALIIMRON
    BCA 8690115035 ALI IMRON

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *