Home / ADVERTORIAL / Bupati Sumbawa Dorong Kaum Perempuan Jadi Motor Penggerak Perubahan

Bupati Sumbawa Dorong Kaum Perempuan Jadi Motor Penggerak Perubahan

LIPUTAN KHUSUS PERINGATAN HARI IBU YANG DIGELAR IISWARA

SUMBAWA BESAR, SR (31/12/2015)

Ikatan Istri-Istri Wakil Rakyat (IISWARA) Kabupaten Sumbawa mendapat kepercayaan dari pemerintah daerah Kabupaten Sumbawa untuk menggelar Peringatan Hari Ibu ke-87 Tahun 2015 ini. Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Utama DPRD Sumbawa, Kamis (31/12) tersebut dihadiri langsung Bupati Sumbawa, Drs H Jamaluddin Malik, Pimpinan DPRD Sumbawa, Asisten I Sedka Sumbawa, Ketua TP PKK Kabupaten, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW), Ketua Dharma Wanita Kabupaten, ketua organisasi wanita sek Kabupaten Sumbawa, kepala SKPD, camat dan lurah serta tokoh maupun sesepuh perempuan.

Bupati Sumbawa, Drs H jamaluddin Malik
Bupati Sumbawa, Drs H jamaluddin Malik

Bupati Sumbawa, Drs H Jamaluddin Malik, dalam sambutannya mengatakan, peringatan Hari Ibu menjadi bukti adanya perhatian, dan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor kehidupan. Peringatan Hari Ibu ini juga membawa pengaruh positif bagi perempuan dan masyarakat yang terdorong untuk selalu menghargai hak-haknya sebagai perempuan. Perempuan dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara juga mampu menjadi motor penggerak dan motor perubahan (agent of change). Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, menjamin bahwa setiap warga negara indonesia termasuk perempuan memiliki hak dan kewajiban yang sama untuk berpartisipasi dalam setiap aspek kehidupan berbangsa dan bernegara yang demokratis. Dengan tema peringatan Hari Ibu tahun ini “kesetaraan perempuan dan laki-laki dalam mewujudkan lingkungan yang kondusif untuk perlindungan perempuan dan anak”, diharapkan akan memberikan spirit untuk bangkit meningkatkan peran dan partisipasi para ibu dalam upaya memberdayakan kaum perempuan dan memberi pendidikan dan penghidupan yang layak terhadap anak sebagai bentuk perlindungan terhadap masa depan kaum perempuan dan anak.

Bupati didampingi Ketua DPRD L Budi Suryata SP menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba peringatan Hari Ibu ke 87
Bupati didampingi Ketua DPRD L Budi Suryata SP menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba peringatan Hari Ibu ke 87

Sejalan dengan upaya pemberdayaan perempuan dan pembangunan berwawasan gender, Pemerintah Kabupaten Sumbawa selalu berupaya memberikan kesempatan dan apresiasi, atas keterlibatan kaum perempuan dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Sumbawa. Karenanya, melalui kesempatan ini, JM—sapaan bupati, menyampaikan terima kasih atas peran dan konstribusi positif yang selama ini telah ditunjukkan kaum perempuan khususnya para ibu dalam membangun generasi penerus yang berkualitas dan berdaya saing di Tana’ Samawa. Berkat dukungan dan kebersamaan yang dibangun ini, berbagai penghargaan baik regional, nasional bahkan internasional mampu diraih generasi muda Sumbawa dan juga Pemerintah Kabupaten Sumbawa. Di bidang pendidikan dan olahraga, beberapa generasi muda Sumbawa bahkan telah mampu berprestasi di tingkat nasional maupun internasional, seperti juara pertama di ajang Kompetisi Lingkungan Hidup Tingkat Internasional Tahunan Volvo Adventure 2013 yang dihelat di Swedia diraih Tim Eco Garden Club yang terdiri dari 5 orang pelajar Sumbawa tingkat SMP dan SMA, juara pertama nasional Lomba Penelitian Ilmiah Remaja atas nama Aditya Pratama dan Ananda Rizky Tri Putra  siswa SMPN 1 Labuhan Badas 2014, Chairman Award pada Kompetisi The International Genetically Engineered Machine (IGEM) 2014 di Boston, AS yang diraih Tim Sumbawagen yang terdiri dari 8 mahasiswa UTS, medali perunggu pada Kejuaraan Boxer tingkat Internasional 2014 di Bali diraih Novi Jayanti siswi SMAN 2 Sumbawa, medali emas Kejuaraan Dunia Muaythai 2015 di Thailand atas nama Ovan Apriadinata (SMAN 3 Sumbawa), dan masih banyak lagi prestasi-prestasi lainnya yang tidak bisa disebutkan satu per satu.

Bupati Sumbawa dan anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) dan tamu undangan
Bupati Sumbawa dan anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) dan tamu undangan

Pada akhir Tahun 2015 ini juga berbagai penghargaan tingkat nasional diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Sumbawa. Di antaranya penghargaan Anugerah Desa Membangun Indonesia Katagori Regulasi dan Pemberdayaan Masyarakat Desa dari Kementerian Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi, Penghargaan Regional Marketing Award 2015, Penghargaan E-KKP3K dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, Penghargaan Kabupaten Peduli HAM dari Kementerian Hukum dan HAM, Penghargaan Apresiasi Pendidikan Islam (API) dari Kementerian Agama, Daerah Berprestasi Penerima Dana Insentif Daerah Tahun Anggaran 2016 oleh Kementerian Keuangan, dan Piala Wahana Tata Nugraha dari Kementerian Perhubungan. “Segala prestasi ini dapat diraih juga berkat dukungan dari para kaum ibu. Karena itu saya ingin menghaturkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada kaum perempuan khususnya para ibu atas dukungan, kerjasama dan dedikasi yang telah disumbangkannya selama ini. Kami juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak dan para tokoh masyarakat yang telah mendharma-bhaktikan dirinya untuk kemajuan pembangunan di daerah tercinta ini,” ucapnya. Di bagian lain, Bupati atas nama pimpinan daerah maupun pribadi, menyampaikan permohonan maaf jika hingga memasuki 5 tahun akhir pemerintahan JM-ARASY terdapat kekurangan dan tidak sesuai harapan masyarakat. “Ini adalah kekurangan kami dan berharap dapat disempurnakan oleh pemerintahan selanjutnya,” ujarnya.

Ketua IISWARA Sumbawa, Ny Sri Wahyuni L Budi Suryata
Ketua IISWARA Sumbawa, Ny Sri Wahyuni L Budi Suryata

Sebelumnya, Ketua IISWARA Kabupaten Sumbawa, Ny Sri Wahyuni L. Budi Suryata menyatakan bahwa Hari Ibu Indonesia lahir dari Pergerakan Bangsa Indonesia, dalam pergerakan kebangsaan kemerdekaan. Peran dan kinerja perempuan Indonesia sungguh mengesankan antara lain terlihat dalam Kongres Perempuan pertama tanggal 22 Desember 1928 di Yogyakarta sebagai tekad bersama mendorong Pembentukan Indonesia Merdeka.

Karena itu peringatan Hari Ibu Indonesia dapat dimaksudkan atau diarahkan untuk selalu membangkitkan semangat perjuangan tentang keluhuran dan keagungan peran perempuan sebagai ibu dan keibuan yang berpean terhadap kehidupan. Sebagai apresiasi atas gerakan yang bersejarah itu perayaan hari ibu ditetapkan tanggal 22 Desember. “Peringatan ini sebagai bukti adanya perhatian dan pengakuan akan pentingnya peran perempuan dalam berbagai sektor kehidupan. Peringatan hari ibu ini juga membawa pengaruh positif bagi perempuan dan masyarakat yang mendorong untuk selalu menghargai hak-hak sebagai perempuan,” kata wanita yang akrab disapa Ibu Ketua ini.

Ibu-ibu IISWARA foto bersama Ketua TP PKK Kabupaten Sumbawa dan ketua organisasi wanita
Ibu-ibu IISWARA foto bersama Ketua TP PKK Kabupaten Sumbawa dan ketua organisasi wanita

Dalam kesempatan itu, Ia menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah Kabupaten Sumbawa yang mempercayakan IISWARA sebagai pelaksana Hari Ibu tingkat Kabupaten. Sebagai rangkaian pelaksanaan ini, IISWARA telah menggelar berbagai lomba yaitu penanaman pohon di Taman Kerato, senam massal dilanjutkan gerakan Jalan Santai, Lomba Masukkan Paku Dalam Botol, Tusuk Balon Mata Tertutup, Hadang-Hadang, Tarik Tambang, Lomba Pesan Berantai, Lomba Penyuluh PKDRT, anjangsana ke Panti Asuhan Muhammadiyah, Sosialisasi PUP, Deteksi Dini Kanker Mulut Rahim dan Narkoba. “Semoga apa yang kami laksanakan dapat bermanfaat dan menjadi motivasi bagi masyarakat khususnya kaum perempuan Sumbawa untuk terus memberikan konstribusi bagi daerah, bangsa dan negara,” pungkasnya. (JEN/SR)

Lihat Juga

HBK: Produk Olahan Pertanian Bisa Menjadi Peluang Usaha Emak-Emak

MATARAM, SR (17/12/2018) Bicara masalah pertanian tak cukup hanya pada potensi dan kendala-kendalanya saja. Tapi, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *