Home / Ekonomi / Pelunasan Maju pada Bank BRI Mengacu pada Ketentuan BI

Pelunasan Maju pada Bank BRI Mengacu pada Ketentuan BI

SUMBAWABESAR, SR (10/08/2015)

Pimpinan BRI Cabang Sumbawa, Anis Abdul Hakim, mengatakan bahwa aturan mengenai ketentuan pelunasan maju untuk kredit dengan perhitungan bunga flat yang berlaku untuk nasabah di seluruh Indonesia, berlaku sejak 1 Oktober 2013 lalu. Diberlakukannya ketentuan pelunasan maju ini kata Anis—akrab pria ramah ini disapa, mengacu pada ketentuan Bank Indonesia bahwa pencatatan akuntansi harus sesuai dengan PSAK (Pedoman Standar Akuntansi Keuangan) 50/55. “Aturan ini juga berlaku untuk seluruh bank di Indonesia,” jelasnya saat menerima perwakilan Aliansi LSM Pemerhati Kebijakan yang menggelar aksi demo di Kantor BRI Sumbawa, Senin (10/8).

Secara ilustrasi, Ia memberikan contoh kasus, nasabah A memiliki pinjaman sebesar Rp 100 juta jangka waktu pinjaman selama 36 bulan (3 tahun) dengan suku bunga yang berlaku 1 persen flat per bulan atau 12 persen per tahun. Cicilan per bulan yang dibayar oleh nasabah sebesar Rp 3.777.778 dengan rincian angsuran pokok sebesar Rp 2.777.778 dan angsuran bunga Rp 1 juta. Sebelum dan sesudah diberlakukannya kebijakan ini angsuran per bulannya sama. Hanya bedanya terletak pada pencatatan jumlah angsuran pokok dan jumlah angsuran bunga, tapi jika dikalkulasikan totalnya sama yakni Rp 3.777.778. Perbedaan inilah yang disebut rekalkulasi. Jika nasabah melakukan pelunasan maju di tengah masa pinjaman maka akan terjadi rekalkulasi atau perhitungan ulang. Misalnya, jika nasabah melakukan pelunasan maju di bulan ke 25 total angsuran bunga yang dibayarkan kepada bank adalah sebesar Rp 25 juta, sedangkan menurut PSAK 50/55, bunga yang seharusnya tercatat adalah Rp 31.912.553, sehingga dari perhitungan tersebut terdapat kekurangan bunga yang harus dibayarkan nasabah. “Kekurangan bunga yang harus dibayar nasabah ini saat pelunasan sebesar Rp 6.912.553. Jadi jika nasabah itu akan melakukan pelunasan maju biaya yang harus dikeluarkan yaitu sisa pokok pinjaman sebesar Rp 30.555.556 ditambah dengan kekurangan bunga atau rekalkulasi Rp 6.912.553, sehingga pelunasan maju yang harus dibayar mencapai 37.468.109. Perhitungan kembali ini dilakukan oleh system BRI,” paparnya.

Perhitungan rekalkulasi bunga ini tambahnya, menggunakan kurva gunung. Ketika pelunasan maju dilakukan dari bulan-bulan awal atau akhir, rekalkulasi bunganya semakin kecil. Tapi ketika semakin ke tengah (dimisalkan puncak gunung), maka rekalkulasinya semakin besar. Namun ketika dilunasi secara normal sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan misalnya 36 bulan, tidak ada perbedaan ada dan tidaknya kebijakan baru itu karena jumlah total akhirnya yang dibayar tetap sama.

Kacab BRI Sumbawa Anis Abdul Hakim memberikan penjelasan kepada para LSM
Kacab BRI Sumbawa Anis Abdul Hakim memberikan penjelasan kepada para LSM

Di bagian lain Anis membantah pihaknya tidak transparan soal cara perhitungan rekalkulasi bunga sebagaimana keluhan nasabah. Persoalan ini sudah disampaikan sebelum dilakukan akad kredit antara nasabah dan BRI. Namun demikian ketika ada masyarakat terutama debitur yang ingin mendapat penjelasan pihaknya bersedia siap melayani di setiap kesempatan, sehingga debitur memiliki pemahaman yang komprehensif mengenai kebijakan tersebut. “Kami siap mengundang nasabah yang mengeluhkan masalah ini atau yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai produk maupun kebijakan yang diterapkan BRI agar mendapat penjelasan secara utuh,” pungkasnya. (Jen/SR)

Lihat Juga

Diamankan Polisi, Pelaku Arisan Online Terus Didatangi Korban

SUMBAWA BESAR, SR (14/12/2018) Hingga kini NV masih menginap di Polres Sumbawa. Wanita yang diduga ...

46 comments

  1. saya melakukan maju pelunasan di bri sisa hutang saya 191.918.882 dari pinjaman 250 jt katanya ada pinalty 3.840.000 si total pegawai bank jadi 205.501.453 ,sedangkan di komputer bank bri sendiri total 201.661.453 setelah saya minta keringanan dari pihak bank bri kacab bri langsung menaikan jadi 210.800.000 katanya ada bunga berjalan ,jadi saya merasa sangat di rugikan sekali <saya melakukan pinjaman si bank bri cabang palembang.

    • Sisa 191.918.882 itu berjalan berapa bulan pak ? Dan ccilan nya brp perbulan nya

    • seharusnya hitungnya dari sisa pokok hutang ditambah bunga hari berjalan ( bunga hari berjalan yg dimaksudkan disini bukan bunga sampai akhir masa tenor kredit tp dari bunga dibulan yg bersangkutan sd tgl kesepakatan bayar , ingat ya “bunga hari berjalan” bukan “bunga sd akhir masa tenor) ditambah denda ( jika ada) plus pinalti ( pelunasan dipercepat klo finance sekitar 7% dari pokok hutang)….ini sepertinya bank bri keliru menerapkan atau takut kehilangan nasabah sampai mengikat nasabah hingga masa tenor

  2. kita awam dalam hal hitung menghitung menggunakan aturan, yang saya pernah alami 2014 lalu ketika saya melakukan pelunasan awal yang dihitung hanya pokok sisa ditambah bunga 1 kali ato bunga 1 bulan, sehingga kalo seperti yang dicontohkan diatas oleh bpk Anis Abdul Hakim, total yang harus dibayar pelunasan maju sebesar 31.555.558 rp. Mudah menghitungnya bagi org awam seperti saya ini,
    Ini yang saya tidak mengerti kenapa bank BRI yang nyata2 milik pemerintah, justru banyak dikeluhkan orang masalah pelunasan majunya, dan kenapa kalo memang bank lain menggunakan aturan juga bisa berbeda hasilnya…, apakah ini permainan oknum saja. Misinya BRI sdh jelas ingin membantu masyarakat sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah dalam hal permodalan finansial, tapi kok justru berbeda dengan bank pemerintah lainnya serta bank swasta. Ato lebih bagus kalo diswastakan saja agar hitungan tdk seperti contoh diatas itu.
    Bagaimana lagi dengan kasus saudara firdaus diatas?????kok bisa?????

  3. Mohon bantuan nya saya bulan ini mau melunasi pinjaman bank BRI,, pinjaman saya Rp. 190 jt selam 180x. Saya sudah mengansur 16x , tanggungan pelunasan saya , Rp 185.344.895 tambah pinalti 3xangsuran 2.924.200 = 8.772.600 jadi total pelunasan saya menjadi 194.117.495 padahal hutang awal cuma 190.000.000 dan sudah berjalan 16x angsuran,,
    Gilaaaaaa BRI (Bank Rentenir Indonesia)

    • Sama… Sekalian aja minjem sama rentenir kalo tau begini. Kecewa sekali dengan BRI. Klo hal ini terjadi kemana kita harus mengadu… Ke BI ?????? Fungsi Bank Indonesia Dalam Perbankan Indonesia : Untuk menjaga stabilitas moneter antara lain melalui instrumen suku bunga dalam operasi pasar terbuka. Bank Indonesia dituntut untuk mampu menetapkan kebijakan moneter secara tepat dan berimbang. Hal ini mengingat gangguan stabilitas moneter memiliki dampak langsung terhadap berbagai aspek ekonomi. Kebijakan moneter melalui penerapan suku bunga yang terlalu ketat, akan cenderung bersifat mematikan kegiatan ekonomi……
      Nah…. Kita bagemanaaaaa???????

  4. Cm mw tanya,saya punya pinjaman d bank bri sbsr 150jt, slm 10 th.dn baru berjalan 3 bln kbtln d rejeki, rncn mw melunasi sisa cicilan yg msh 9 th 9 bln.apakh pelunasan nya berikut bunga?tlg penjeladan nya.trksh…

  5. Saya juga sama,kan saya pinjam modal dari bri kupedes jenisnya,setiap 6 bulan kalau setoran lancar saya dapat insentif.tp memasuki angsuran yg ke 18 bulan saya telat bayar sampai tgl 30. Jd insentif saya yang 5 bulan hangus . Emang nyusahin bri ini.apakah ada kejadian sama seperti saya?

  6. Bpk salah kalau aturan ini mengaju pada kebijakan BI mana kebijakannya, kenapa di bank lain kebijakannya tidak sama? Ada bank bila mau melunasi hanya dikenakan finalti 5% dsri sisa pinjaman, ada yg 8% dari sisa pinjaman, kebijakan yg mana pak? Kalau gitu kebijakannya lebih berat dari yg diterapkan bank yg saya maksud tadi, atau bpk mau katakan bank2 lain tidak mengikuti kebijakan BI biar nasabahnya tidak dirugikan? Mohon pencerahan

  7. sbg pensiunan janda saya sangat kecewa krn dr pinjaman 50jt saya sudah mencicil selama4 thn lebih Rp1.020.000/bln ..ketika mau melunasi yg tersisa utk 3,5 thn lagi saya hrs melunasi sebanyak 30 jt lebih…alangkah sangat mencekik leher rasanya…benar2 Bank Renterir Rakyat ini mah

  8. mungkin dibagi jd bonusnya para pegawenya tu….*suudzon aja kalo kyak gini jadinya

  9. Pinjaman sy sbesar 50 jt..angsuran perbulanx2.668.000 slama 24 blan..sy udah makukan angsuran slama 16 blan..rencanax sy akn ttp yg sisa utang utk 8 blan….yg sy mau tanya kira kira potongan bungax brapa ya mas bro…mohon bls

  10. bank ntb contohnya jika pelunasan, nasabah akan difinalty 3 bln bunga saja. bri harus bayar bunga seluruhnya (rentenir).

  11. Masih pada makan riba ya?

  12. ane gan ngajuin kredit BRI 150jt cicilan 2650000 10 tahun.
    mau lunasin setelah nyicil 3 tahun masa suruh bayar 132jt
    Parah BRI mah mending BNI aja

  13. mohon penjelasannya “menurut PSAK 50/55, bunga yang seharusnya tercatat adalah Rp 31.912.553”

    dapatnya dari mana ya Rp 31.912.553

  14. Emang gak menyenangkan dengan bank BRI ini. Udah pegawainya judes2, kalo gaji gak diambil di BRI, amit amit saya mengenal bank yang satu ini…Huft

  15. Suruh ganti nama aja jgn Bank rakyat indonesia tapi.. Bank rentenir Indonesia

  16. Demi Allah BRI itu sudah bener – benar melakukan praktik Rentenir yang sangat menjebak masyarakat. Mana Ada Aturan nasabah akan melunasi pinjaman 200 juta yang angsurannya Rp. 7.490.000,- dan sdh diangsur selama 19 kali dari 24 kali diharuskan membayar Rp. 7.490.000 X 5 bulan + penalti 3 X Rp. 7.490.000,-. Sungguh tidak punya nalar dan bukan sifat manusia serta
    sangat memberatkan nasabah.

  17. Sudahlah saudaraku..
    Jgn pernah berhubungan dengan yg namanya Pinjaman berbunga itu Riba..
    Sudah jelas Alloh Mengharamkan riba sama seperti mengharamkan Babi
    Jauhilah..
    Karna Riba termasuk satu dari 7 dosa besar yg membinasahkan..

  18. Kmrn saya minta total pelunasan k BRI n sma marketingnya nya d ksh hitungan pinalty 3,5% kali plafon pinjaman,,dan saya tanya emang perjanjian nya seperti itu ya?n jwb AO nya iya baru 1th kmrn perjanjian nya d rubah,,saya n suami bertanya2 ko BRI semahal itu ya,n akhir nya sampai rmh kita cari tuh surat perjanjian yg dl sma BRI ternyata cuman 2% dr sisa poko hutang ko bisa ya seenak nya ngmng gt tanpa d lihat dl d surat perjanjian…Kecewa sangat sma Bank BRI

  19. masya Allah sy harus melunasi sisa pinjaman ditambah 11xbunga, pdhal info saat pngajuan awal th 2014 kata mantrinya kl pelunasan awal rumusnya sisa pokok ditambah 4xbunga. kemana sy bisa minta keringanan??? kurangnya banyak sekali. Apakah ini yg disebut ekonomi kapitalis???

  20. hutang 100.000.000 kontrak 48 bullan sisa angsuran 18 bulan sisa hutaang 38.384.300
    pelunasaan
    sisa pokok 38.384.300
    bunga berjalan 920.000
    rekalkulasi bunga 11.573.803
    total pelunasan 50.8781103
    mohon pecerahan

    • Benarkah kita tidak bisa melakukan pelunasan di akhir tahun di bri

      • Benar saya juga mau lunasi utang bulan ini,tp kt bankx ngak bisa kecuali januari 2018,padahal,saya udah bawa uangx dibank,kecewa karena bayar bulanan november dan desember,,saya sangat dirugikan..oleh bank bri,,tanti pelunasan bisa uang saya tidak cukup lg,karena bayar bunga berjalanx lagi,bank pemerintah tapi menyulitkan rakyat..

  21. Lethong tenan, moga moga orang yang seenaknya makan dari jerih payah orang Laen dipanjangkan umurnya dan diberi penyakit stroke ,tidak nyenyak tidur, otaknya bingung mati dalam keadaan mengenaskan…..

  22. katanyanya muslim..tp memakan harta rakyat dengan haram. katanya bank rakyat..tp diam2 menjerumuskan rakyat. untuk berikutnya hati2 pinjam uang di bri.

  23. Maaf pak, sya mengajukan pinjaman bri, jaminan bpkb motor, sebelum nya sy pulang kmpung habis motor sy serah kan sama saudara, jadi sodara sy yg byr, masih ada sisa pembayaran terahir, 520,000 , pinjaman 2010, sedang kan sekarang di suruh lunasin kira2 kena bunga tungakan lagi ngk pak mohon info nya makasih

  24. sudah seharusnya pemerintah dalam hal ini Bank indonesia segera mengeluarkan regulasi berkaitan dengan pelunasan yang di percepat bagi seluruh bank penyalur kredit konsumtif terutama bank plat merah (BRI) yang kehadirannya untuk membantu perekonomian rakyat namun dengan mengharuskan nasabahnya untuk membayar seluruh bunga yang belum terpakai sangat memberatkan nasabah,

  25. saya punya pinjaman kpr bri sebesar 350 jt, berjalan selama 3,5 tahun dan akan meminta pelunasan di tgl 19 Januari 18, tapi pihak BRI menolak, alasan aturannya pelunasan tidak boleh dilakukan setelah tanggal 10, kalau lewat tgl 10 harus masuk bulan berikutnya. Saya sudah cek di surat penawaran putusan kreditnya, tidak ada kata2 aturan mengenai tanggal pelunasan.
    “Ketentuan pelunasan maju :
    1. Pelunasan maju (seluruh atau sebagian) dalam masa fixed interest rate dikenakan penalty sebesar 2% dari dana yang disetorkan ditambah dengan bunga berjalan
    2. Pelunasan maju (seluruh atau sebagian) setelah masa fixed rate dikenakan penalty sebesar 0% dari dana yang disetorkan ditambah dengan bunga berjalan
    3. Besarnya pelunasan maju untuk sebagian out standing pinjaman yang disetorkan ke bank : minimal 6x angsuran bulanan
    4. Pelunasan maju dapat dilakukan setelah kredit berjalan 6 (enam) bulan.”

    Tidak ada kata2 mengenai tanggal pelunasan, jelas2 ini akal2an BRI menghambat dan mengelabui konsumennya dengan menerapkan aturan sepihak tanpa pemberitahuan apapun dan tidak tertulis dalam perjanjian yang ditandatangani, kemana saya harus mengadu, dan apa hukumnya kalau benar mereka mengelabui konsumennya.

    • sudah bapak jelaskan dengan dokumen yang ada pak? apakah pihak bank nya masih keukeh dengan aturan yg tidak transparan dr mereka?

  26. BRI tambah kejam….bukan mitra masyarakat lagi.ayo pindah di Bank sebelah aja,sistem bunga putus.
    pinjam 50.000.000 ambil 18X. sudah di angsur 9X.normal pelunasan.pokok pinjaman X 9.==25.002.000
    dan akan sy lunasi.masih harus bayar 27.480.000. selisih 2.480.000…bunga jalan ya bunga jalan..tapi jgn keterlaluan pak BRI…

  27. tolong di jawab pak sy memimjam sebesar 100 juta di bri dng jangka waktu pinjaman 36 bulan
    baru berjalan 2 bulan sy sudah ingin melunasinya
    inti pertanyaa sy apa ka cuma sisa pokok pinjamanya saya bayar atau sy lunasi dgn pokok pinjaman besarta dgn bunga berjalanya selama sisa waktu pinjamnya tolong penyerahanya pak

  28. Ma Kasih bri. Konsekuensi org ngutang. Dimakan aja pak/bu.

  29. setelah saya membaca sekian banyaknya nasabah BRI yg merasa dirugikan, coba YANG BERWENANG masalah KREDIT PERBANKAN untuk CEPAT BERTINDAK dan bila TERINDIFIKASI TERJADINYA KECURANGAN cepat PROSES SESUI HUKUM YG BERLAKU JANGAN DITUNDA TUNDA

  30. BRI adalah Bank Pemerintah namun Prakteknya adalah Rentenir.. Tolonglah kami masyarakat kecil..
    Kami ingin melunasi hutang2 kami di BRI namun harus membayar semua bunga sesuai dengan jangka waktu pengembalian ditambah modal.. dan sangat memberatkan..
    Tobat bekerja sama dengan BRI.. ini yg terakhir..

  31. Saya memeinjam.uang dibri…dan mau dilunasi beserta pinaltinya..tp pada saat akan pelunasan..malah disuruh menunggu lagi smp 30 hari…klo bisa cepat dilunasi knp harus menunggu lama…sy sgt tdk mengeryi dgn hal ini..bukannya bank senang kami melunasi beserta pinaltinya..

  32. Misalnya, jika nasabah melakukan pelunasan maju di bulan ke 25 total angsuran bunga yang dibayarkan kepada bank adalah sebesar Rp 25 juta, sedangkan menurut PSAK 50/55, bunga yang seharusnya tercatat adalah Rp 31.912.553

    dari artikel diatas ada yang tahu bisa dpt angka 31.912.553 drmn yah??

    saya juga mau melunasi hutang kredit, nah jd pengen tahu simulasinya.. jd sbnrnya kalau kita tahu hitungan ini.. kita bisa menggunakan hitungan ini untuk pelunasana ini, dan ini lebih ringan dan sesuai aturan yg berlaku disleuruh bank

  33. Mohon pencerahan, utang 97500000, bunga 0,92 janka waktu 120 bulan, d bulan k 46 mau sya lunasi, saya kaget karena d kenakan rekalkulasi bunga 18000000. Saya minta penjelasan pihak BRI tidak bisa jelaskan dengan alasan sistem yang hitung. Aneh emang robot karyawan BRI yang ikut sistem tpi tdak paham dengan sistem yang d pake. Mau lihat perjanjian kontrak kridit tdak d ksi. Ada apa sebenarnya dengan BRI?

  34. Trust Loan fund

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk membayar utang Anda?
    Anda perlu pinjaman untuk memulai bisnis,
    Anda perlu pinjaman untuk membayar tagihan,
    Anda perlu pinjaman untuk membeli mobil
    Anda perlu pinjaman untuk membeli rumah
    Kami di sini untuk memberikan pinjaman dalam jumlah berapapun, hubungi kami melalui alamat Email perusahaan:
    Guaranteetrust.loanfirm@hotmail.com
    Nomor Whatsapp: +19419442381

  35. Pelunasan ke BRI mengacu pada aturan BI….kok bank lain sangat beda.
    Diawal akad kredit sudah saya infokan akan melunasi tengah tahun dan di katakan hanya bayar pinalty bunga 2 bulan .Ternyata beda real nya. Kontrak akad diminta tidak dikasih dgn berbagai alasan.
    Pelunasan BRI dgn sistem (tapi tidak tahu hitungannya) dan pinalti 3x ( pokok+bunga)
    BRI Agro sebagai anak perusahaan BRI memakai hitungan pinalty 1 bulan bunga pinjaman
    BNI 46 pinalty 2% dari pinjaman.
    Tobat deh gak akan berhubungan dgn BRI lagi

  36. Parah bgt BRI.. sy py pinjaman 100jt dah berjalan 3 the.
    Tenor 60x dgn angsuran 2,9 JT/bln.Rencananyaa mau top up LG trs sy minta kalkulasi nya.. jadi hrs nutup pokok 46 jutaan bunga berjalan 4jt and dan ada sisa bunga berjalan 14 jutaan. Total yg hrs dibayar 65 jtan. Yg jadi pertanyaan sy ad apakah klo penutupan pinjaman sisa bunga hrs dibayar jg.. perasaan dulu BRI ga sekejam ini..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *